Bank Sinarmas Canangkan Gerakan Rajin Menabung

PT Bank Sinarmas Tbk berhasil memperkuat literasi keuangan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan cara menggandeng sekolah-sekolah di dua provinsi tersebut. Setidaknya ada 4 ribu murid Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Dasar (SD), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 18 institusi pendidikan di daerah tersebut yang memperoleh tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) dari Bank Sinarmas.

Halim, Direktur Bank Sinarmas menjelaskan, kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Bank Sinarmas terhadap Gerakan Ayo Menabung yang digalakkan Pemerintahan Joko Widodo. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan agar masyarakat semakin mengenal ragam produk dan jasa keuangan perbankan.

Menurut Halim, secara demografis, Indonesia memiliki lebih sedikit penduduk berusia matang (mature) dibandingkan Malaysia, Thailand dan China. Mengutip Bank Dunia, Halim menyebut di tiga negara tersebut, penduduk berusia 15 tahun ke atas mencapai lebih dari 75 persen. Sementara di Indonesia, persentase penduduk dewasa berada di bawah kisaran 40 persen.

“Besarnya jumlah penduduk yang belum dewasa akan menjadi bonus demografi yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Oleh sebab itu, pengenalan budaya menabung dan berinvestasi sejak dini merupakan hal yang krusial, ujar Halim, Kamis (12/1).

Hingga saat ini, Bank Sinarmas telah membuka 21.066 tabungan SIMPEL dengan nilai mencapai Rp2,4 miliar. Halim menambahkan, perusahaan tempatnya bekerja akan terus meningkatkan edukasi agar para murid gemar menabung melalui SIMPEL. S

“Rasio menabung di Indonesia berkisar 30,87 persen dari PDB. Lebih rendah dibandingkan negara-negara Asia lainnya, seperti China yang mencapai 48,87 persen, Singapura 46,73 persen dan Korea 35,11 persen,” katanya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri telah menggiatkan Program Literasi Keuangan sejak 2014, karena rendahnya inklusi keuangan dan tidak meratanya akses produk dan jasa keuangan di Indonesia.

Kepala Departemen Pengawasan Bank 3 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Teguh Supangkat mengatakan, Bank Sinarmas merupakan salah bank yang cukup aktif mendukung program pemerintah. Dari gerakan menabung, jaring, sampai ke program-program kerakyatan.

“OJK mengapresiasi dukungan Bank Sinarmas terhadap program-program pemerintah,” katanya.

(Sumber: CNN )