Mengenal Lebih Dekat “Tanaman Jagoan” APP

Asia Pulp and Paper (APP) Sinarmas mengembangkan tanaman Eucalyptus Pelita dan juga Akasia Carsikarva. Dua tanaman ini sangat cocok ditanam di Riau.

Dalam pengembangannya dua tanaman ini melalui proses yang cukup panjang. Hal ini karena memang keduanya (Euclyptus dan Akasia) didapatkan dari kloning yang dilakukan oleh peneliti. Adapun pihak yang memikul tanggung jawab ini adalah Sinar Mas Forestry (SMF) bagian Research and Development (R&D) atau sering disebut SMF R&D Center.

Peran R&D di sini tidak main-main. Lewat penelitian dan pengkajian secara ilmiah, didapatkanlah tanaman-tanaman baru yang memiliki kualitas bagus sehingga mampu memenuhi target produksi.

Peneliti Senior di SMF R&D Center Bambang Herdyantara kepada wartawan di sela-sela acara kunjungan media ke Sinarmas mengatakan jenis kayu Eucalyptus Pelita ini memang hanya bisa tumbuh di Riau.

“Ini adalah hasil uji kloning dari para peneliti di Sinarmas. Tentu ini melalui proses yang panjang. Kita lakukan uji spesies terlebih dahulu,” ujarnya, Rabu (25/1/2017).

Ia menjelaskan untuk jenis akasia yang cocok di tanam di Riau karena tanahnya bergambut adalah jenis akasia Carsikarva.

“Kita akan terus melakukan riset dan penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, untuk saat ini dua komoditas kayu ini adalah yang terbaik, ” ungkapnya.

Hal senada disampaikan peneliti SMF R&D Centre Sari Yuliam. Khusus yang ada di R&D khusus dibuat kloning nya untuk mather plant (pohon indukan).

“Khusus yang ada disini ini memang untuk pohon indukan. Nantinya setelah didapatkan klon yang bagus, baru dilakukan kultur jaringan, lalu kemudian ditanam dan jadilah pohon indukan. Untuk kemudian dibawa ke nurseri modern untuk dilakukan pengembangbiakan secara vegetatif,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk pembagian wilayah dua tanaman ini adalah 70 persen untuk akasia dan 30 persen untuk Eucalyptus. “Oleh karena Eucalyptus hanya punya jatah lahan 30 persen, tentu kita akan mencari yang terbaik dengan terus melakukan research, ” terangnya.

“Ciri unggulan tanaman untuk terus kita kembangkan itu seperti Ketahanan terhadap hama, fibernya tinggi untuk jadikan plup dan juga sehat. Ini akan terus kita kembangkan, ” pungkasnya.

(Sumber: halloriau )