SML Raih Penghargaan di Ajang TOP CSR Award 2017

Sinar Mas Land berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang TOP CSR Award 2017, penghargaan pertama diberikan kepada Sinar Mas Land dalam kategori “TOP CSR on Property & Real Estate Sector” dan penghargaan kedua diberikan kepada Dhony Rahajoe sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land dalam kategori “Top Leader on CSR Commitment”. Pengakuan resmi ini dihasilkan lewat persidangan ketat yang melibatkan konsultan serta pakar CSR sebagai dewan juri TOP CSR 2017 pada tanggal 13 Januari 2017.

Sinar Mas Land mengusung lima program CSR diantaranya adalah Pasar Rakyat School, Bedah Rumah, Program Green Building, Revitalisasi Kalijodo, dan Program Festival Hijau yang salah satunya berhasil memenangkan penghargaan bergengsi tersebut dengan dasar penilaian berbasis ketentuan ISO 26000, nawacita dan strategi bisnis.

“Sinar Mas Land menjalankan Program CSR yang efektif dan berkualitas sejalan dengan bisnis perusahaan, agar perusahaan bersama masyarakat akan tumbuh dan berkembang bersama di dalam pembangunan Kota Mandiri. Sebagai pengembang terpercaya di Tanah Air, Sinar Mas Land terus berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi “green” di setiap proyeknya,” tulis Sunar Mas Land dalam keterangan tertulisnya.

Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun.

Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota.

Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program-program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya. Sinar Mas Land juga melakukan edukasi para pedagang di Pasar Modern BSD City melalui program “Pasar Rakyat School”.

Program tersebut dilaksanakan rutin setiap satu bulan sekali dan bekerja sama dengan sejumlah institusi pemerintahan dan universitas. Materi yang diajarkan juga beragam setiap sesinya seperti “Tata Cara Cashflow Sederhana Dalam Mengelola Keuangan Berdagang”. Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004 diatas lahan seluas 3,2 ha.

“Hal ini dilakukan demi mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya UMKM,” tulis rilis tersebut.

Pasar Modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Selain itu Kementerian Perdagangan atau Kemendag akan bekerja sama dengan pengembang Sinar Mas Land sebagai pengelola pasar modern di Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Sejak diluncurkan, hingga saat ini Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa. Selain Pasar Modern BSD City, Sinar Mas Land juga mengembangkan konsep pasar tradisionalnya di sejumlah tempat diantaranya; Pasar Modern Intermoda di BSD City yang menampung 800 UMKM, Fresh Market Kota Wisata Cibubur 600 UMKM, Pasar Modern Grand Wisata Bekasi 600 UMKM. Secara keseluruhan hampir 3.000 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang telah dibina Sinar Mas Land.

(Sumber: Indopos )