Site Overlay

Kisah Eka Tjipta Widjaja Menjalankan Bisnis di Ruko Kecil

Tahun 1965 menjadi awal mula bagi Sinar Mas menapaki ibukota Jakarta, setelah sebelumnya Eka Tjipta Widjaja sukses menjalankan bisnis di Surabaya.

Ruko yang berada di jalan Pasar Pagi, Jakarta Barat menjadi kantor pertama Sinar Mas. Di ruko kecil dua lantai ini Eka Tjipta Widjaja menjalankan bisnisnya dengan karyawan yang kala itu masih sedikit.

Tidak jauh dari kantor pertama, Eka Tjipta Widjaja kembali membeli sebuah ruko di Jalan Kali Besar, Jakarta Barat. Lokasi ini sangat dekat dengan daerah wisata Kota Tua.

Gedung bergaya klasik ini masih difungsikan untuk kegiatan bisnis Sinar Mas, menjadi salah satu cabang Bank Sinarmas.

Tahun 1985, Sinar Mas kembali memperluas lokasi dengan membeli gedung perkantoran di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Pada kala itu, Sinar Mas mulai mengepakkan sayapnya ke berbagai pilar bisnis. Tidak hanya sawit dan kertas, namun juga memperluas ke ranah jasa keuangan dan sektor ril estate.

Pada 1998, Sinar Mas Land Plaza Menara 2 (d/h. Plaza BII) tercatat sebagai kantor kelima Sinar Mas.

Di menara ini pula Eka Tjipta Widjaja banyak menghabiskan waktunya, menjalankan bisnis, serta menerima tamu-tamu baik dari dalam maupun luar negeri.

Di sinilah awal mula Sinar Mas Land Plaza berdiri dan menjadi Head Office di wilayah protokol ibukota.

Kini Sinar Mas sudah berdiri selama lebih dari delapan dekade, bertransformasi menjadi tujuh pilar utama bisnis yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia maupun di luar negeri.

Eka Tjipta Widjaja juga mewariskan nilai-nilai luhur bagi keluarga Sinar Mas dalam menjalankan tanggung jawab pekerjaan, juga berkontribusi bagi Indonesia.

Suasana kantor pertama Sinar Mas di Jakarta bisa Anda saksikan dalam video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.