Site Overlay

Sejarah Sinar Mas dan Perkembangan Tujuh Pilar Bisnisnya

Sinar Mas didirikan oleh pengusaha sukses, Eka Tjipta Widjaja. Berawal dari usaha kelontong, Sinar Mas kini memiliki tujuh pilar bisnis.

Pernahkah kamu melihat minyak goreng merek Filma saat Ibumu sedang memasak? Atau masih ingatkah kamu buku tulis yang sering kamu gunakan waktu duduk di bangku sekolah dengan merek Sinar Dunia? Jika iya, berarti kamu telah menggunakan beberapa produk Sinar Mas dalam kehidupan sehari-hari. Apa sih Sinar Mas itu?

Sinar Mas adalah nama merek sebuah perusahaan besar di Indonesia yang berkomitmen pada praktik bisnis berkelanjutan. Sinar Mas memiliki bisnis yang sangat beragam, lho. Yuk, simak sejarah Sinar Mas dalam artikel berikut ini.

Sejarah Sinar Mas

Bagaimana sejarah berdirinya Sinar Mas? Sinar Mas didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja. Kota Surabaya menjadi kota tempat nama CV Sinar Mas diresmikan.

Kemudian, Eka Tjipta Widjaja mendirikan perusahaan-perusahaan lainnya. Produk-produk dari berbagai pilar usaha Sinar Mas sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia.

Mengguritanya nama dan bisnis Sinar Mas menjadi bukti dari kerja keras, tangan dingin, perjuangan, dan sikap pantang menyerah Eka Tjipta Widjaja. Berikut sejarah singkat lahirnya tujuh pilar bisnis Sinar Mas.

7 Pilar Bisnis Sinar Mas

Berkembang pesatnya bisnis Sinar Mas dibuktikan dengan hadirnya tujuh pilar usaha. Apa saja pilar bisnis Sinar Mas? Sinar Mas bergerak dalam tujuh pilar bisnis, yakni Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Pangan, Layanan Keuangan, Pengembang dan Realestat, Telekomunikasi, Energi dan Infrastruktur, dan Layanan Kesehatan.

Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan berikut.

1. Sinar Mas Agribusiness and Food

Berdirinya Sinar Mas Agribusiness and Food berawal dari pabrik penyulingan minyak nabati dan kopra yang dilakukan pada tahun 1968 disusul dengan berdirinya pabrik Bitung Manado Oil Limited di Sulawesi Utara.

2. Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas

Ekspansi bisnis pun mulai dilakukan pada tahun 1972 dengan mengakusisi pabrik soda kimia atau Tjiwi Kimia. Pabrik ini menjadi cikal bakal pabrik kertas pertama Sinar Mas yang produknya kini digunakan oleh seluruh masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Selain itu, pada tahun 1986, Eka Tjipta Widjaja mendirikan Sinar Mas Forestry sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Hal ini menandakan bahwa Sinar Mas tidak hanya fokus pada bisnis, tetapi juga peduli dengan lingkungan sekitar.

3. Sinar Mas Land

Pada tahun yang sama, Sinar Mas juga mendirikan bisnis pengembang dan realestat bersama dengan PT Duta Pertiwi. Kini, pilar bisnis pengembang dan realestat dikenal dengan nama Sinar Mas Land. Sinar Mas Land menjadi salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia mulai dari perumahan, hotel, kawasan industri dan komersial, resor wisata, dan kota mandiri yang tersebar di Indonesia, Asia, hingga Eropa.

4. Sinar Mas Financial Services

Semakin mengepakkan sayapnya, Sinar Mas merambah bisnis keuangan yang dinamakan PT Internas Artha Leasing Company tahun 1982 dan menjadi salah satu perusahaan keuangan yang terintegrasi.

5. Sinar Mas Energy and Infrastructure

Pada tahun 1996, Sinar Mas mendirikan PT Dian Swastika Sentosa sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang energi penyedia pasokan listrik di wilayah yang terdapat fasilitas atau tempat produksi produk-produk Sinar Mas.

6. Sinar Mas Communication & Technology

Semakin tingginya pengguna telekomunikasi di Indonesia membuat Sinar Mas turut serta menggeluti bidang telekomunikasi dengan mendirikan perusahaan Smartfren yang merupakan hasil penggabungan dengan provider Fren pada tahun 2006.

7. Sinar Mas Healthcare

Selain menyediakan kebutuhan hidup sehari-hari, Sinar Mas juga berfokus dalam layanan kesehatan ditandai dengan didirikannya Eka Hospital dan layanan online SehatQ. Eka Hospital menjadi salah satu rumah sakit berstandar internasional yang saat ini telah memiliki empat cabang di Indonesia.

Proyek Inisiatif Sinar Mas

Tidak hanya berfokus pada dunia bisnis, Sinar Mas juga memiliki beberapa proyek inisiatif yang hingga saat ini masih terus berjalan.

1. Yayasan Dharma Eka Tjipta Widjaja

Didirikan pada tahun 2006, organisasi nirlaba ini memiliki visi meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan, dan kemandirian masyarakat. Dengan tujuan untuk berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan negara secara berkelanjutan, seperti tercermin dalam semboyan “Menanam Kebaikan Menuai Kesejahteraan”.

2. Sinarmas World Academy (SWA)

Merupakan lembaga pendidikan yang didirikan untuk siswa dari umur dini hingga kelas 12, lembaga ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkompeten.

3. ITSB

Merupakan lembaga pendidikan tinggi yang terdapat di Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat. Yayasan ITSB menggandeng Institut Teknologi Bandung, Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan Sinar Mas dengan visi Eco-Industry Oriented.

4. Prasetiya Mulia Business School

Merupakan lembaga pendidikan tinggi yang didirikan beberapa sektor privat, salah satunya Sinar Mas. Lembaga pendidikan ini bertujuan untuk menghasilkan para pebisnis andal yang bermartabat, berbudaya, dan beretika.

5. Tzu Chi Cabang Sinar Mas

Yayasan ini didirikan dengan berlandaskan welas asih dan kemurahan hati. Berfokus pada ranah amal, kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan. Tzu Chi Cabang Sinar Mas menjadi wadah relawan Tzu Chi Indonesia di kelompok usaha Sinar Mas.

Kesimpulan

Sejarah Sinar Mas dan pilar-pilar usahanya beserta proyek inisiatif yang dilakukan oleh Eka Tjipta Widjaja menjadi buah hasil dari sikap pantang menyerah. Oleh karena itu, percayalah bahwa tidak ada hal yang sia-sia di dunia ini, jika kita mau berusaha.

Yuk, mulai dari sekarang kita harus lebih giat lagi, karena pantang menyerah adalah kunci kesuksesan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.