Site Overlay

Ragam Kegiatan Warnai Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja – Bagian 1

Dalam rangka memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja -pendiri Sinar Mas- beragam kegiatan telah dilaksanakan oleh pilar-pilar usahanya. Simak rangkaian acaranya dalam artikel berikut ini.

Kegiatan Donor Darah oleh PT. Sumber Indah Perkasa (Sinar Mas Agribusiness & Food – Downtream Lampung)

Terinspirasi dengan filosofi hidup dan semangat pantang menyerah Bapak Eka Tjipta Widjaja yang tahun ini genap berusia 100 tahun, PT Sumber Indah Perkasa berkolaborasi dengan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung. Mereka melaksanakan kegiatan donor darah yang mengusung tema “Setetes Darah, Ungkapan Cinta Kasih”.

Suasana Kegiatan Donor Darah oleh PT. Sumber Indah Perkasa

Tidak hanya melibatkan karyawan dan rekanan Downstream Lampung, tetapi kegiatan donor darah juga melibatkan masyarakat sekitar. Kegiatan ini telah menghasilkan:

1. 30 kantong pada pelaksanaan Jum’at, 11 Februari 2022 di Desa Rangai Tri Tunggal
2. 64 kantong pada pelaksanaan Selasa, 22 Februari 2022 di Employee Facility Sinarmas Downstream Lampung.

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan rutin di lingkungan Sinarmas Downstream Lampung. Komitmen trersebut tertuang dalam Dokumen Komitmen Bersama & Dukungan terhadap kegiatan Donor Darah PMI yang ditandatangani oleh Gubernur Provinsi Lampung.

Kegiatan Festival Sungai Sekanak Lambidaro oleh Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan

Sungai Sekanak Lambidaro, ikon wisata baru di Kota Palembang, Sumatera Selatan

Paguyuban Sinar Mas (PSM) Sumatera Selatan punya cara unik dalam memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja. Mereka mengadakan sebuah festival bertajuk “Festival Sungai Sekanak Lambidaro”. Festival ini merupakan bentuk partisipasi dalam membantu pemerintah dalam mengubah budaya kotor menjadi budaya bersih.

Sungai Sekanak Lambidaro merupakan sebuah objek wisata alam yang berada di tengah Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sungai Sekanak Lambidaro baru selesai direstorasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai atau BBWS Sumatera VIII pada awal tahun 2022.

Sungai Sekanak Lambidaro yang memiliki panjang 2 kilometer terletak di Kelurahan 26 ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang. Dulu, sungai ini begitu kotor karena menjadi tempat masyarakat membuang limbah rumah tangga.

Kini, tiada lagi sampah dan limbah di Sungai Sekanak Lambidaro. Bagian tepi sungai juga sudah dibenahi agar lebih nyaman diakses sekaligus menjadi ruang terbuka. Suasana sekitar sungai yang kini menjadi bersih, asri, aman diharapkan bisa membuat Sungai Sekanak Lambidaro jadi destinasi wisata baru di kota Palembang.

Festival Sungai Sekanak Lambidaro digelar dengan menghadirkan penampilan seni budaya khas Sumatera Selatan. Acara dihadiri oleh pejabat daerah, seperti Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Anita Noeringhati, Walikota Palembang Harnojoyo, dan pejabat dari Pusat Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air mewakili Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR

Acara Gerakan Susur Sungai

Kegiatan Festival Sungai Sekanak Lambidaro diawali dengan acara Gerakan Susur Sungai (membersihkan sampah-sampah), menabur benih ikan, penanaman pohon penghijauan dan kunjungan kios UMKM. Berbagai penampilan seni budaya khas Sumatera Selatan juga dihadirkan, seperti Tari Tanggai, Dul Muluk, dan fashion show pakaian adat Palembang di atas perahu.

Suasana baazar dalam Festival Sungai Sekanak Lambidaro

Penyelenggaraan kegiatan Festival Sungai Sekanak Lambidaro diikuti oleh anggota PSM Sumatera Selatan sebanyak 71 orang.

Tim Paguyuban Sinar Mas Sumatera Selatan

Bersambung ke Ragam Kegiatan Warnai Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja – Bagian 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.