Breaking

Bantuan Tabung Oksigen bagi India: Kala Tiga Menteri Perindustrian Berkumpul

Breaking News / Peristiwa / Slider / Top News / June 7, 2021

Manakala tiga Menteri Perindustrian sampai berkumpul dalam satu kegiatan, layak berharap akan ada hal baik berlangsung di situ. Itu yang terjadi saat Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, mengapresiasi kontribusi sektor industri Indonesia.  “India adalah mitra penting kita, termasuk dalam penanganan pandemi Covid-19. Kami mengapresiasi kepedulian serta dukungan sektor industri Indonesia, yang beberapa di antaranya memiliki pangsa pasar ekspor di India, dalam merespon arahan Presiden guna menggalang bantuan,” ujarnya di Tzu Chi Center, Jakarta Utara, Jumat (28/5/2021). Airlangga pernah menjadi Menteri Perindustrian pada tahun 2016 hingga 2019.

 

Penyerahan tabung oksigen, oleh tiga orang Menteri Perindustrian, dari kanan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita, Managing Director Saleh Husin kepada Duta Besar India, Manoj Kumar Bharti.

 

Hari itu, pemerintah mengirimkan sebanyak 2.000 tabung oksigen donasi dari Sinar Mas, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Barito Pacific Group, Agung Sedayu Group, First Resources Ltd., dan PT Intisumber Bajasakti, guna melengkapi 1.400 tabung yang telah dikirimkan ke India, Senin dan Rabu, tanggal 10 serta 12 Mei lalu. “Pertimbangan kemanusiaan melatarbelakangi bantuan bagi tetangga dan mitra dekat kita, bangsa India yang tengah menghadapi gelombang kedua pandemi. Masa seperti ini adalah momentum antarbangsa membangun solidaritas sekaligus semakin kuat bekerja sama,” kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin yang menjabat sebagai Menteri Perindustrian di tahun 2014-2016.

 

Salam solidaritas. Managing Director Sinar Mas. Saleh Husin bersama Duta Besar India, Manoj Kumar Bharti.

 

“Pengiriman tabung gas oksigen ke India ini merupakan partisipasi dari sektor industri di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Dirinya berharap, kolaborasi pemerintah dan pelaku industri ini dapat membantu meringankan dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda India. “Apalagi, India adalah salah satu mitra penting bagi Indonesia, baik dalam hal diplomatik maupun kerja sama ekonomi khususnya di sektor perindustrian dan perdagangan,” tuturnya. Sudah barang tentu alokasi bantuan dilakukan dengan memperhitungkan secara cermat kebutuhan di dalam negeri.

 

 

Penulis: Jaka Anindita

Kontributor: Yulrandro Dave

Desainer: Dede Ilham F

Foto: Noveradika

Video: Andri Riza

 

 




Jaka Anindita
Jaka Anindita
Pemimpin Redaksi





You might also like



0 Comment


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *