Lontar Papyrus Penuhi Komitmen UN Water Mandate

Unit Industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry bersama Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) mengadakan acara Perkemahan Tingkat Penegak/ Pandega (Raimuna) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tanjung Jabung Barat.

Raimuna ini juga sekaligus kegiatan untuk memperingati Hari Pramuka yang ke-55. Perkemahan yang diisi dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 7 – 11 November 2016 bertempat di Kawasan Perkemahan CD Center Lontar Papyrus.

Pembukaan yang dihadiri Bupati Tanjabbar Safrial MS sekaligus sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Pramuka yang ke-55 menyampaikan terima kasih atas dukungan Lontar Papyrus dalam penyediaan tempat sealigus sarana air bersih dalam mensukseskan kegiatan ini.

Kegiatan Raimuna diikuti lebih dari 950 orang peserta, undangan dan pendukung dari berbagai instansi pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga swasta dan organisasi masyarakat dari seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Hermawan DBS, Manajer Hubungan Masyarakat Lontar Papyrus, mengungkapkan dukungannya atas kegiatan ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini sebagai salah satu upaya CSR kami dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pelestarian Lingkungan serta komitmen kami dalam UN CEO Water Mandate”, ujarnya saat ditemui di sela kegiatan Raimuna.

Penyelenggaraan kegiatan Raimuna Kwartir Cabang Tanjabbar 2016 ini menggunakan metode yang beragam, sehingga semua peserta dapat lebih merasakan, mempelajari, menghayati dan mendalami materi yang terkandung didalamnya, dengan harapan peserta Raimuna mendapatkan beragam ilmu dan wawasan sebagai penambah bekal dalam proses pembentukan jati dirinya.

Peserta terbaik dari Raimuna Tingkat Kabupaten ini akan diikutsertakan pada Raimuna Tingkat Provinsi Jambi pada akhir November 2016 ini juga.

Sebelumnya APP Sinar Mas pada tahun 2011 telah tergabung dalam UN CEO Water Mandate yang berkomitmen untuk memfasilitasi air bersih di masyarakat.

Lontar Papyrus sendiri sebagai unit industri APP Sinar Mas, telah melakukan beberapa program air bersih untuk masyarakat sekitar pabrik berupa  sumur bor, pipanisasi air bersih dan program air minum isi ulang. Program sumur bor bahkan sudah dilakukan sebelum tahun 2010 dan sudah ada 6 buah sumur bor yg terpipanisasi ke rumah warga. Tahun 2016 ini Lontar Papyrus juga mengembangkan program pemberdayaan masyrakat dengan program air minum isi ulang dengan biaya 25 juta per mesin.

“Harapan kami agar masyarakat mendapat air bersih yg cukup karena daerah ini merupakan daerah rawa-rawa dan masyarakat susah air. Program ini agar kebutuhan air bersih tercukupi,” ujar Hermawan.

Sebagai komitmen terhadap kepedulian dengan lingkungan serta implementasi program air bersih ini, kegiatan dilanjutkan dengan Program Penebaran Benih Ikan ke Sungai Pengabuan/Tungkal. Bertempat di dermaga khusus Lontar Papyrus, para pimpinan instansi pemerintah dan swasta tersebut menebar 30.000 ekor benih ikan air tawar.

“Semua rangkaian kegiatan ini diharapkan akan membentuk kualitas sumber daya alam baik lingkungan maupun manusia menjadi lebih baik dan berkualitas, untuk meneruskan kehidupan yang lebih baik,” kata Hermawan.

(Sumber: Tribunnews )