Klinik Simas Sehat Sejahtera Resmikan Layanan Immunotherapy

Klinik Simas Sehat Sejahtera meresmikan Layanan Immunotherapy Nusantara by Terawan. Layanan ini merupakan hasil kolaborasi antara dr. Terawan Agus Putranto dan Klinik Simas Sehat Sejahtera.

dr. Terawan yang dikenal sebagai tokoh di bidang medis, telah membawa kemajuan signifikan dalam teknik immunotherapy, terutama yang fokus pada pemanfaatan Sel Dendritik (Dendritic Cell/DC). Sel dendritik adalah leukosit dari sumsum tulang belakang dan merupakan jenis sel pembawa antigen terkuat. Sel inilah yang bertanggung jawab atas respons kekebalan tubuh yang menjadi penjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Hal ini diungkap langsung dr. Terawan dalam sambutan grand launching layanan Immunotherapy Nusantara by Terawan di Klinik Simas Sehat Sejahtera, Tanah Abang Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2024). Mantan Kepala RSPAD Jakarta itu mengatakan cara kerja sel dendritik nantinya sama seperti immunotherapy, yaitu dengan konsep personalized.

Terawan menjelaskan, proses ‘pelatihan’ sel dendritik ini dilakukan di luar tubuh selama satu minggu sejak pengambilan darah. Sel ini nantinya akan dilatih selaiknya komandan dan panglima perang melawan infeksi penyakit seperti yang disebabkan virus atau kuman.

Layanan immunotheraphy ini tidak hanya memperluas akses terhadap perawatan kesehatan mutakhir tetapi juga menawarkan harapan baru dalam mengatasi berbagai tantangan kesehatan yang dihadapi masyarakat modern.