Dies Natalis FMIPA UI ke-58 : Sinar Mas Lengkapi Laboratorium FMIPA UI “Guna Perkuat Budaya Riset Terapan”

Sebagai puncak peringatan Dies Natalis ke-58, FMIPA UI menggelar orasi ilmiah yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. H. Mohamad Nasir. Pada momentum Dies Natalis ini, dilanjutkan pula peresmian penggunaan peralatan dan fasilitas Laboratorium Riset Multidisplin FMIPA UI-Pertamina yang disponsori oleh Sinar Mas. Peresmian dilakukan oleh Menteri Puan Maharani bersama Dekan FMIPA UI Dr. rer. nat. Abdul Haris pada Rabu (16/1) bertempat di Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA UI – Pertamina, kampus Depok.

Mengangkat tema besar “Science and Innovation in Industry 4.0 : Reinventing The Human Capital’’, Dekan FMIPA UI Dr. rer. nat. Abdul Haris, menilai tema tersebut relevan dengan upaya FMIPA UI dalam menjawab tantangan di bidang sains dimasa depan, sesuai dengan visi dan misi FMIPA UI, yakni berperan aktif memajukan sains guna memberi kontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. Haris mengatakan “Seiring dengan berkembangnya tahapan revolusi industri yang ke-4 (4.0), FMIPA UI berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas riset untuk melahirkan inovasi, melalui kegiatan penelitian dan pengembangan hingga tercipta inovasi dan penemuan-penemuan baru”.

Lebih lanjut, Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin menuturkan bahwa semangat membangun budaya riset terapan melalui sinergi lintas sektor melatarbelakangi kemitraan pihak Sinar Mas dengan FMIPA UI. “Kami meyakini kerja sama semacam ini akan semakin memperkuat budaya penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, termasuk sektor industri,” kata Saleh. Sinar Mas melalui pilar bisnisnya, Asia Pulp & Paper Sinar Mas, berkontribusi senilai Rp7 miliar guna melengkapi seluruh peralatan dan perabotan di ruang aula, seminar, ruang peneliti, kantor manajemen, serta sejumlah laboratorium, yakni high performance computing, remote sensing, geographic information system, geophysics, geology, nano science, dan laboratorium biological conservation, yang menjadi bagian dari Gedung Laboratorium Riset Multidisplin FMIPA UI -Pertamina. Lebih lanjut, Saleh mengatakan, kemitraan Sinar Mas dengan perguruan tinggi, sejalan dengan upaya pemerintah memperkuat riset kolaboratif lintas sektor.“Yang beberapa hasilnya bagi kami akan sangat bermanfaat, diantaranya guna pengembangan industri pulp dan kertas serta perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.”

Di kesempatan yang sama, berlangsung FMIPA UI Science Expo dimana APP Sinar Mas bersama PT Smartfren Telecom Tbk menghadirkan anjungan berisikan ragam inisiatif bisnis berkelanjutan, termasuk program corporate social responsibility.