1472227043

Ruang Pantau Karhutla di PT Oki Pulp & Paper Mills

Fire Management APP Sinar Mas, Sujica Lusaka, mengungkapkan, APP Sinarmas memiliki situation room center sebagai pusat pendistribusian informasi mengenai deteksi hotspot di seluruh lahan konsesi APP Sinarmas dan para mitra pemasok.

Di dalam situation room terdapat empat buah layar monitor yang dapat mendeteksi secara cikal bakal munculnya api menggunakan kamera thermal yang memiliki jarak pantau hingga 70 KM.

Ketika api muncul pihaknya langsung menerjunkan tim dan peralatan langsung menuju pusat si jago merah.

“Masing-masing aktivitas yang di lapangan dapat diketahui layar pantau di situation room ini. Tim kita langsung turun untuk mengkomandoi orang lapangan memadamkan api,” jelasnya saat menjelaskan sistem kerja situation room ‎PT Oki Pulp & Paper Mills OKI, Kamis (9/3/2017).

Upaya yang dijalankan oleh perusahaan Sinar Mas turut didukung oleh 2.700 pemadam terlatih (RPK) dan 2.000 masyarakat peduli api (MPA) di lapangan.

Sistem yang telah dibangun juga diperkuat dengan perangkat pendukung di lapangan berupa 6 helikopter, 3 di antaranya heli besar sekelas Superpuma untuk menangani fire-spotting dan pemadaman api dari udara (water bombing) dengan kemampuan hingga 4,000 liter.

“Ada juga 80 menara pendeteksi api, 266 pos pantau, 160 truk air, 500 unit kendaraan patroli dan 1.150 pompa air,” jelas Sujica.

(Sumber: Tribunnews )