Rombong Biru, Pedagang Bersepeda di PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk Mojokerto

Ada banyak upaya pilar usaha Sinar Mas dalam memberdayakan masyarakat sekitar. Di Mojokerto, Jawa Timur, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk mengorganisir para pedagang makanan di sekitar pabrik. Inisiatif ini dilakukan setelah mendapati para pedagang yang kerap memasuki area pabrik tanpa izin sehingga mengganggu keamanan pabrik.

Melalui program corporate social responsibility (CSR), Tjiwi Kimia merangkul mereka ke dalam program Rombong Biru. Para pedagang yang berasal dari desa-desa sekitar pabrik, disediakan seragam, sepeda, dan gerobak berwarna biru. Perusahaan menetapkan jadwal bagi mereka untuk dapat memasuki area pabrik dan menjajakan makanan buatan mereka kepada para karyawan. Tak kalah penting, pedagang mendapatkan pelatihan guna mengolah, mengemas, dan menyajikan makanan dengan bersih (higienis).

Program Rombong Biru membuat para pedagang lebih mudah sekaligus cepat dalam menjajakan produknya. Sebelumnya, mereka bisa berkeliling hingga berjam-jam guna mendapatkan pembeli, dengan waktu yang tidak menentu. Penghasilan yang didapat praktis meningkat, di tengah waktu kerja yang semakin efisien.

Sudah barang tentu para karyawan turut diuntungkan dengan hadirnya Rombong Biru. Mereka tidak perlu pergi jauh guna mendapatkan beragam makanan dengan harga cukup murah.