PapeRun 2017 : Sumbang Ribuan Buku ke 60 Taman Bacaan di Indonesia

(Dari kiri ke kanan) Viola Oyong (Corporate Communication Manager Kompas Gramedia), Lukminto Wibowo (General Manager Event Harian Kompas), Suhendra Wiriadinata (Direktur Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas), dan Anton Soebardi (Manager Layanan Surat dan Paket Kantor Pos Jakarta Pusat). ​

Jakarta, 19 Maret 2018 – Menindaklanjuti kegiatan charity fun run 5K PapeRun 2017, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan Harian Kompas dan Kompas Gramedia mendonasikan 60 paket buku kepada 60 Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kegiatan seremonial sekaligus pengiriman Buku Bergerak untuk Nusantara oleh tim #AkuBaca dilakukan di Gedung Pos Ibukota dan akan diserahkan kepada Pos Indonesia untuk dikirimkan ke TBM sasaran.

Kegiatan ini merupakan bentuk partisipatif antara APP Sinar Mas, Kompas Gramedia, Harian Kompas, dan masyarakat yang diberi tajuk “Buku Bergerak untuk Nusantara” dalam rangka meningkatkan literasi di Indonesia. Selain itu, sebagian titik TBM yang akan disalurkan paket buku merupakan referensi dari para peserta pada acara PapeRun 2017 lalu.

“Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah,” ungkap Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata.

“Buku merupakan kunci untuk meraih masa depan kita, dengan membaca seseorang tidak hanya menambah pengetahuan diri namun juga akan mampu berbuat sesuatu untuk mengubah masa depannya,” terang Suhendra.

Kajian bertajuk ‘Most Literate Nation In the World’ yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada 2016 mencatat Indonesia menempati urutan ke-60 dari 61 negara dalam tingkat literasi.

Tiap paket yang disalurkan akan berisi sekitar 35-50 buku, sehingga total buku yang akan disalurkan sejumlah 2500-3000 eksemplar. Buku yang dikirimkan merupakan jenis buku edukasi, sejarah, ilmu pengetahuan, novel, dan sebagainya. Pengiriman 60 paket buku akan dilakukan secara bertahap selama satu semester ke depan. Pada periode bulan Maret ini, 20 paket Buku Bergerak dikirimkan untuk 20 TBM.

Suhendra juga mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada para peserta PapeRun 2017 yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi untuk terus mendukung peningkatan literasi di Indonesia,” tutup Suhendra.

Lebih dari sekadar event running, PapeRun 2017 juga merupakan ajang bagi masyarakat untuk menyalurkan kepeduliannya dalam pengembangan literasi di Indonesia. Biaya pendaftaran yang terkumpul dari PapeRun2017 dikontribusikan untuk pengadaan buku-buku yang akan didonasikan ke berbagai TBM melalui program #AkuBaca.