Pasar Modern BSD Jadi Model Pasar Rakyat Nasional

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag) menggandeng Program Pasar Rakyat School dari Sinar Mas Land (SML) untuk membantu meningkatkan kualitas pengelolaan pasar rakyat dan mendorong kesejahteraan pedagang kecil/UMKM di seluruh provinsi Indonesia.

Hal tersebut dibahas dalam Focus Group Discussion (FGD) di Makassar (20/8/2018) oleh Anwar Achmad, Kasubdit Pengelolaan Sarana Distribusi; Direktorat Sarana Distribusi & Logistik Kemendag, Ilham Wahyudi; Sustainability Development SML,Nina Agustarini; Direktorat Standardisasi & Pengedalian Mutu Dirjen Perlindungan Konsumen Kemendag, serta perwakilan Dinas Perdagangan dan Pengelola Pasar se-Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan.

Ilham menjelaskan, Program Pasar Rakyat School merupakan salah satu program sosial SML dalam meningkatkan kualitas pasar non fisik, yang telah berjalan sejak tahun 2016. “Program Pasar Rakyat School Sinar Mas Land yang telah diselenggarakan antara lain Pengajaran Pedagang kepada pedagang Pasar Modern BSD City, dari institusi seperti BPOM, Dinas Pertanian, Unilever, Prasetya Mulya, dan Bank Sinar Mas,” jelasnya.

Program lainnya, lanjut Ilham, berupa kunjungan-kunjungan ke Pasar Modern BSD City dari pengelola pasar, instansi daerah, Kemendag dan pedagang pasar mulai dari Pati sampai Jayapura. Juga program pemaparan  SML pada acara FGD Pasar Rakyat yang diselenggarakan oleh Kemendag. Acara serupa telah diselenggarakan  di Lampung, Banda Aceh, Jambi, dan Palangkaraya.

Sebelumnya, Kemendag menggandeng SML dan menjadikan Pasar Modern BSD City sebagai model Standardisasi Pembangunan & Tata Kelola Pasar yang baik dan benar. Prototype itu terkait Standar Operasional Prosedur Pembangunan, maupun Revitalisasi Pasar Rakyat yang harus mengikuti standardisasi yang telah dipersiapkan, sehingga mudah untuk diawasi dan dipertanggungjawabkan.

Menurut Ilham, Pasar Modern BSD City merupakan pasar rakyat swasta yang mampu bersaing dengan ritel besar. “Selain nyaman dan bersih, zoning barang dagangan tertata rapi, produk yang dijual didalam pasar juga sehat dan aman, karena rutin dilakukan pengecekan oleh internal pasar dan BPOM. Dari hal tersebut maka Pasar Modern BSD City dijadikan acuan sebagai prototype untuk pasar rakyat seluruh Indonesia,” tambahnya.

Pasar Modern BSD City yang dibangun pada tahun 2004, di atas lahan seluas 3,2 hektar, kini menampung pedagang kecil dan menengah sebanyak 800 UMKM lebih. Selain itu Sinar Mas Land melalui pembangunan empat Pasar Tradisional Modern di berbagai proyeknya di seluruh wilayah, hingga kini telah membina sekitar 3.000 pelaku UMKM.

Sumber