Ekspansi Agresif Warung Pintar

Warung Pintar, perusahaan teknologi yang bergerak dalam transformasi warung, menargetkan menggaet 50.000 mitra pada 2020, lewat ekspansi jaringan dan produk.

Co-Founder & VP Smart Distribution Warung Pintar Christian Winata mengatakan saat ini Warung Pintar telah memiliki sekitar 5.000 kios yang tersebar di Jabodetabek. Dia menargetkan jumlah mitra Warung Pintar naik 10 kali lipat pada tahun depan lewat ekspansi yang menyasar 10 kota besar di Jawa, Bali, dan Sumatera

“Kami melihat bahwa antusiasme di kota–kota lain cukup besar. Kami melihat infrastruktur di sana,” kata Christian, Kamis (19/12).

Selain ekspansi ke sejumlah daerah, Warung Pintar juga berencana mengembangkan produk layanan yang dimiliki. Christian mengatakan bahwa ekspansi yang luas tanpa diimbangi kehadiran produk yang menarik, akan berisiko besar dan terancam gagal.

“Percuma kami ekspansi besar-besaran kalau pelanggan tidak suka. Kami akan fokus ke produk, ketika kami melihat produk berkembang baik maka kami akan melangkah lagi untuk ekspansi,” kata Christian.

Christian berpendapat meskipun saat ini sejumlah perusahaan dagang-el juga engembangkan bisnis warung pintar, dia tetap optimistis bahwa Warung Pintar bakal tetap tumbuh.

Dia mengatakan bahwa Warung Pintar memiliki keunikan, yaitu berfokus pada pengembangan infrastruktur yang mendukung bisnis warung konvesional, bukan mengincar transaksi. Kemudian, Warung Pintar juga memiliki ekosistem yang matang.

“Kami mengembangkan routingkami sendiri, gudang, dan lain-lain. Kami akan banyak berinvestasi di sana karena itu akan mengubah kebiasan dari warung konvesional yang berkembang di mikro,” kata Christian.

Christian menambahkan bahwa Warung Pintar juga fokus pada kesehatan perusahaan, sehingga di setiap lini usaha yang dikembangkan, Warung Pintar langsung masuk dalam tahap monetisasi. Selain melakukan ekspansi dan pengembangan produk baru, Warung Pintar juga akan mengembangkan kerja sama dengan sejumlah mitra.

Warung Pintar baru saja menggandeng Paxel, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang logistik. Menurut survei yang dilakukan Warung Pintar, sebanyak 81% mitra Warung Pintar, ingin bisa memantau langsung proses pengiriman stok barang dagangan mereka. Dengan kerja sama ini, mitra Warung Pintar bisa berbelanja barang dagangan tanpa minimum pembelian, gratis biaya pengiriman, dan barang sampai pada esok hari.

COO Paxel, yang juga Ketua Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita mengatakan bahwa distribusi logistik menjadi hal yang penting bagi mitra Warung Pintar. Dengan kerja sama ini, Juragan bisa terus menambah stok produk untuk meningkatkan omzet mereka. “Warung itu memiliki bisnis model yang unik karena perputaran barangnya sangat cepat. Dengan Paxel yang menangani pengiriman stok barang sampai pada hari yang sama, perputaran bisnis mereka jadi lebih cepat,” ujar Zaldy.

Lewat kerja sama dengan Warung Pintar, Paxel setiap harinya akan mendistribusikan berbagai barang dagangan ke 500 gerai Warung Pintar di Jakarta dan Tangerang Selatan.