Mau Pergi Liburan? Perhatikan 3 Hal Ini Agar Terhindar dari Penyakit

Liburan Natal dan Tahun Baru 2020 telah tiba. Bagi beberapa orang, rasanya tidak afdol jika tidak bepergian ke luar kota atau luar negeri, untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.Sebelum liburan bersama keluarga, Anda juga harus memperhatikan kesehatan diri dan juga orang-orang terkasih. Jangan sampai, liburan ini membuat Anda terserang penyakit. Maka dari itu, perhatikan tiga hal ini agar Anda terhindar dari penyakit saat bepergian naik pesawat untuk liburan.

Cara naik pesawat agar terhindar dari penyakit dan kuman
Tempat umum seperti bandara, dapat diibaratkan sebagai “instalasi gawat darurat” yang dikunjungi banyak orang. Anda tidak pernah tahu, penyakit atau virus yang mereka bawa. Bahkan, seorang peneliti mikrobiologi bernama Jason Tetro mengatakan, virus, bakteri, hingga jamur, ternyata datang dari manusia. Sebuah penelitian membuktikan, penumpang pesawat yang berada di dekat penderita penyakit pernapasan (seperti flu), memiliki risiko 80% tertular penyakit tersebut.

Ketiga cara di bawah ini, bisa Anda ikuti untuk menghindari penyakit saat sedang bepergian dengan pesawat untuk berlibur.

1. Bawalah perlengkapan “tempur” untuk kesehatan
Cara terbaik agar tidak tertular penyakit para penumpang pesawat lainnya, saat liburan, ialah menghindari kontak langsung dengan mereka. Selain itu, benda atau tempat yang sudah terkontaminasi virus penyakit, juga harus Anda hindari. Bawalah beberapa perlengkapan “tempur” di bawah ini, agar Anda bisa tetap sehat, selama liburan.

  • Gunakan tisu disinfektan untuk membersihkan permukaan kotor seperti meja atau sandaran kepala.
  • Bawa pembersih tangan yang memiliki kandungan 62-70% etanol, dan biarkan di tangan selama 15 detik.
  • Jangan masukkan makanan ke dalam kursi penumpang, kecuali Anda yakin makanan itu sudah terbungkus rapat.
  • Pakai syal atau masker untuk menutupi hidung dan mulut, untuk mencegah masuknya virus. Tahukah Anda, para penumpang di pesawat, 100 kali lebih mudah terkena flu, dibandingkan pada hari-hari biasa?

2. Beristirahat dengan cukup, olahraga teratur, dan mengubah pola makan
Pola hidup yang sehat, tentu bisa membantu Anda terhindar dari berbagai macam penyakit, saat sedang bepergian naik pesawat. Beberapa faktor di bawah ini, bisa melindungi tubuh agar terhindar dari penyakit.

  • Istirahat yang cukup
    Beristirahat dengan baik, mungkin terdengar “membosankan” saat liburan. Namun, tubuh Anda sangat membutuhkannya. Beristirahat dan tidurlah yang cukup, agar Anda terhindar dari penyakit saat liburan.
  • Berolahraga
    Selain beristirahat dengan cukup, jangan lupa berolahraga, meski sedang liburan. Selain memberikan energi untuk liburan yang menyenangkan, olahraga juga bisa mencegah datangnya penyakit.
  • Ubah pola makan
    Makanan yang kaya akan serat dan nutrisi, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga penyakit tidak “berani” datang. Sayur-sayuran, buah, hingga smoothies adalah makanan dan minuman lezat yang sangat dianjurkan. Oleh karena itu, ubah pola makan dengan mengonsumsi asupan bergizi.

3. Ganti pakaian dan biasakan cuci tangan
Saat sedang bepergian dengan pesawat, biasanya Anda tidak ingat benda-benda yang telah disentuh. Hal ini bisa berbahaya, apalagi kalau Anda menyentuh permukaan kotor, dan mengusap muka. Virus bisa langsung masuk ke tubuh.

Cara terbaik untuk menyiasati hal itu adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Saat melakukannya, cucilah bagian-bagian seperti bawah kuku atau di antara jari-jari. Lakukan selama 30 detik, sampai benar-benar bersih.

Jika Anda sudah sampai tujuan, gantilah pakaian. Sebab, kuman bisa menempal di pakaian Anda, dan bertahan lama pada permukaannya.

Tentunya, Anda tidak ingin liburan dengan keadaan sakit. Maka dari itu, jangan pernah remehkan virus dan penyakit yang bisa menyerang Anda, selama bepergian menggunakan pesawat. Selain itu, berkonsultasilah kepada dokter, mengenai suplemen dan vitamin yang harus Anda konsumsi, agar terhindar dari penyakit selama bepergian.

Anda juga bisa mendengarkan Podcast Sinar Mas Talks bertajuk “Sehat dan Aman Saat Liburan” di bawah ini: