Sinar Mas Bersama Lintas Pihak Galang Dana Rp500 Miliar untuk COVID-19

Perusahaan-perusahaan besar di bawah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia seperti Sinar Mas, Adaro Energy, Djarum, hingga Indofood, serta Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berdonasi mengatasi pandemi corona di Tanah Air. Mereka menggalang dana untuk menyediakan peralatan kesehatan bagi para tenaga medis.

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia Hong Tjhin mengatakan, penggalangan dana ditarget mencapai Rp 500 miliar.

“Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi Covid-19. Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan,” kata Hong Tjhin dalam siaran pers, Kamis (19/3).

Secara terpisah, Managing Director Sinar Mas Gandhi Sulistiyanto mengatakan, ada beberapa perusahaan yang sudah konfirmasi untuk terlibat dalam penggalangan dana ini. Di antaranya Sinar Mas, Adaro Energy, Artha Graha Peduli Foundation, Djarum, Agung Sedayu Group, Indofood Sukses Makmur, Puradelta Lestari, dan Triputra Group.

“Kami masih menunggu pengusaha lain untuk kepedulian sosial ini,” kata Sulistiyanto.

Pada Kamis (19/3), Kadin bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia juga memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan.

Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani mengatakan, perusahaan yang terlibat dan penyaluran donasi akan dilaporkan secara berkala ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kadin juga akan terus mengimbau anggotanya supaya berperan aktif dalam kegiatan ini.

Penyaluran donasi tersebut juga akan dilakukan bertahap. Kali ini, donasi yang digalang Tzu Chi berupa 1 juta alat uji cepat (rapid test kit), 20 ribu baju isolasi (coverall safety), empat unit alat bantu pernapasan (ventilator), serta 1 juta masker. Penyaluran bantuan tersebut di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kemarin (18/3), Tzu Chi telah menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri seperti baju isolasi, masker, kacamata, sarung tangan, juga ventilator. Barang-barang itu diberikan kepada Kementerian Kesehatan dan beberapa rumah sakit seperti RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan.

 

Donasi senilai Rp500 miliar akan berbentuk peralatan medis
Managing Director Sinar Mas terkait bantuan Sinar Mas dan pengusaha yang tergabung dalam KADIN