APP Sinar Mas Perkuat Sistem Pencegahan Karhutla di Jambi

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui unit usaha PT Wirakarya Sakti (WKS) memperkuat sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terintegrasi (Integrated Fire Management/IFM) dalam menghadapi kemarau 2020.

“Untuk mencegah kemungkinan munculnya api, APP Sinar Mas bekerja sama dengan TNI-Polri, pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat menjalankan fire prevention project yang mencakup penambahan pos pencegahan pada beberapa titik rawan,” kata GM Fire Management APP Sinar Mas, Sujika Lusaka, seusai apel siaga dan pelatihan bersama pencegahan karhutla di Distrik VII, Desa Rantau Karya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Minggu (6/7/2020).

Sejalan, lanjut Sujika, pihaknya juga mengedukasi masyarakat agar tidak membuka area pertanian dengan membakar. Selain itu, masyarakat juga dilibatkan dalam mitigasi api melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), sembari tetap menekan risiko penularan Covid-19 di rantai operasi.

Terpisah, karena termasuk daerah sangat rentan terjadi karhutla, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir memperketat pengawasan di lima kecamatan, yakni Cengal, Tulung Selapan, Pangpangan, Pedamaran, dan Mesuji. Wakil Bupati OKI, Djafar Shodiq, mengatakan pihaknya sudah membentuk satuan tugas (satgas) karhutla di lima kecamatan itu.

“Ini bagian dari upaya pencegahan karhutla, kami awali dengan membentuk satgas hingga di tingkat desa,” kata Djafar, kemarin. Dia melanjutkan, karhutla yang terjadi tahun lalu, sebagian berasal dari konsesi perusahaan.

Oleh karena itu, pihaknya pun menegaskan agar perusahaan perkebunan maupun hutan tanaman industri (HTI) di daerah itu supaya menjaga lahan mereka agar tidak kembali terbakar.

Di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menegaskan peran satgas akan dioptimalkan untuk mencegah karhutla. Kepala BPBD Provinsi Babel, Mikron Antariksa, mengatakan karhutla di Babel saat ini belum begitu tinggi.

Sumber: Media Indonesia

 

 

 

 

Sumber: https://mediaindonesia.com/read/detail/325991-daerah-perkuat-sistem-pencegahan-karhutla