Eka Hospital Ditunjuk Jadi Percontohan Wisata Kesehatan

Sebanyak 15 rumah sakit – Eka Hospital di antaranya – ditunjuk menjadi proyek percontohan wisata kesehatan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Wisata kesehatan ini mencakup kedokteran medis serta layanan kedokteran berbasis riset saintifik terkini.

Selain menonjolkan pelayanan medis, pembangunan wisata kesehatan di Indonesia akan mencakup layanan wellness, herbal, dan antipenuaan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan wisata kesehatan ini bisa menghasilkan Rp100 triliun. Industri ini diharapkan bisa mendatangkan wisatawan mancanegra untuk berobat ke Indonesia.

“Kita harus menyelamatkan Rp100 triliun, dana yang bisa kita peroleh dari industri wisata kesehatan ini, termasuk dari wisatawan Indonesia yang selama ini berobat ke luar negeri. Saya sendiri pernah menjalani pemeriksaan kesehatan di tujuh negara dan pagi ini menjalaninya di Siloam dan merasakan kualitas layanan dan dokternya sangat bagus, tidak kalah dari luar negeri,” ujar Sandiaga.

Selain Eka Hospital, 14 rumah sakit lain yang menjadi model tersebut di antaranya RS Siloam Karawaci, RS Mayapada Lebak Bulus, RS Cipto Mangunkusumo, Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, RS Kepresidenan Gatot Soebroto, RS Sanglah Bali serta RS Provinsi Nusa Tenggara Barat. Masing-masing memiliki keunggulan dalam layanan dan tenaga medisnya.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendukung wacana tersebut. Ketua Umum PB IDI Daeng M. Faqih bakal membantu menyiapkan tenaga medis.

“Kami akan membantu proses pemetaan dan penyiapan dalam aspek tenaga medis dan mengkomunikasikannya dengan Kemenparekraf sebagai pemimpin dalam program ini,” ucap Daeng.

Berdasarkan data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), jumlah RS di Indonesia mencapai tiga ribu, dan sebagian telah siap menjadi bagian dari industri wisata kesehatan dengan mengandalkan keunggulan keahlian dokter, teknologi dan kekhususan layanan.

Selain itu RS-RS di lokasi wisata seperti Danau Toba, Labuan Bajo hingga Raja Ampat,  juga siap menyukseskan program itu, dengan melayani para wisatawan yang datang ke wilayahnya.