83 Tahun Sinar Mas: Lebih Dari Delapan Dekade, Sinar Mas Bersama Untuk Indonesia

Tidak terasa, tahun ini Sinar Mas berusia 83 tahun. Artinya, sudah lebih dari delapan dekade Sinar Mas tumbuh, bergerak, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Tidak hanya menghadirkan beragam inovasi, namun juga menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Karena masih dalam suasana pandemi, perayaan hari jadi Sinar Mas ke-83 akan dilakukan secara sederhana. Namun, dengan jangkauan yang luas, melalui pembahasan yang memperkaya pengetahuan, serta tetap relevan dengan kondisi saat ini.

Dalam menyambut 83 tahun Sinar Mas, “Bersama Untuk Indonesia” didaulat sebagai tema besar. Ragam kegiatan akan diselenggarakan mulai pertengahan September hingga November 2021, mulai dari webinar, twibbon, kompetisi media sosial, hingga konten-konten yang dijamin akan seru.

Twibbon 83 Tahun Sinar Mas

Mari bersama-sama merayakan ulang tahun ke-83 Sinar Mas dengan menggunakan Twibbon berdesain spesial. Twibbon ini merupakan bentuk dukungan dan komitmen dari keluarga Sinar Mas untuk terus berkarya dan melakukan yang terbaik untuk bangsa.

Twibbon 83 Tahun Sinar Mas – Versi 1

Twibbon 83 Tahun Sinar Mas – Versi 2

Download di https://twb.nz/83thsm-2

Twibbon 83 Tahun Sinar Mas – Versi 3

Twibbon 83 Tahun Sinar Mas – Versi 4

Twibbon 83 Tahun Sinar Mas – Versi 5

Berikut panduan singkat dalam menggunakan Twibbon 83 Tahun Sinar Mas:

1. Klik desain yang Anda inginkan atau melalui tautan yang tertera di bawah Twibbon
2. Klik tombol “Pilih Foto Anda”
3. Pilih foto yang Anda inginkan
4. Sesuaikan layout foto dan klik “Selanjutnya”
5. Setelah proses unggahan selesai, klik “Unduh Foto”
6. Simpan Twibbon ke galeri foto dan siap digunakan.

Virtual Background 83 Tahun Sinar Mas

Tidak hanya Twibbon, kami juga menghadirkan virtual background Zoom yang bisa Anda manfaatkan sebagai latar saat mengikuti rapat atau pertemuan daring. Ada empat desain yang bisa Anda simpan dan manfaatkan untuk merayakan 83 Tahun Sinar Mas.

Berikut ini panduan mengganti virtual background Zoom di PC atau laptop dengan mudah:

  1. Klik ikon User (foto Anda) di kanan atas, lalu klik Settings
  2. Setelah terbuka jendela berbagai menu, pilih menu Virtual Background
  3. Lalu klik ikon + di samping pilihan Choose Virtual Background. Nanti akan muncul popup box untuk mengunggah foto atau desain yang Anda inginkan.

Sedangkan untuk mengganti virtual background Zoom di aplikasi smartphone Anda, berikut caranya.

  1. Saat bergabung ke sebuah meeting, tekan menu tiga titik di pojok kanan bawah dan klik Menu
  2. Pilih Virtual Background
  3. Pilih background yang tersedia atau unggah foto/desain

Sebagai informasi, fitur Virtual Background paling ideal saat Anda menggunakan layar hijau (green screen) di belakang Anda, menggunakan cahaya ruangan yang memadai, atau Anda mengenakan pakaian yang kontras dengan latar belakang.

Berbagai kegiatan juga akan digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-83 Sinar Mas tahun 2021. Berikut di antaranya:

  1. Webinar dan Forum Dialog – #BersamaUntukIndonesia
    Diskusi interaktif mengangkat berbagai topik dan sinergi yang terbangun antara Sinar Mas dan berbagai pihak dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Akan diselenggarakan mulai September hingga November 2021.
  2. Kompetitisi dan Kuis Media Sosial
    Menantang karyawan Sinar Mas untuk berpartisipasi dalam kompetisi media sosial berhadiah menarik, yaitu kompetisi #MomenTerbaikDiSinarMas dan Lomba Karaoke Sinar Mas Song.
  3. #NgobrolSinarMas – Instagram Live Edisi 83 Tahun Sinar Mas
    Obrolan santai dengan pilar usaha Sinar Mas tentang beragam hal, mulai dari aktivitas selama pandemi, inovasi, hingga informasi produk-produk terkini.

Ayo ikut berpartisipasi merayakan HUT ke-83 Sinar Mas dan menangkan banyak hadiah menarik!

Sejarah Sinar Mas

Berawal dari tahun 1938, Sinar Mas berawal di kota Makassar. Dari sebuah usaha kecil, kini Sinar Mas telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan nasional dengan kurang lebih 380.000 karyawan di seluruh Indonesia dari tujuh pilar usaha yang tersebar di industri kertas dan bubur kertas, agribisnis dan makanan, komunikasi dan teknologi, properti, jasa keuangan, pertambangan dan energi, serta kesehatan.

Berpedoman pada nilai-nilai luhur: integritas, perilaku positif, berkomitmen, perbaikan berkelanjutan, inovatif, dan loyal (setia), Sinar Mas menjalankan praktek bisnis berkelanjutan, di mana perusahaan dan masyarakat beriringan membangun Indonesia, tidak hanya di bidang ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan.

Sebagai bukti nyata, Asia Pulp & Paper Sinar Mas sejak 2015 telah menginisiasi Desa Makmur Peduli Api (DMPA) sebuah kemitraan bersama penduduk yang hidup di sekitar konsesi. Perusahaan membimbing masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar sehingga dapat semaksimal mungkin mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hasilnya, hingga akhir 2018 lalu, perusahaan berhasil menurunkan angka kebakaran hutan hingga mendekati target zero fire pada periode berjalan.

Tidak hanya itu, DMPA juga memberikan edukasi pada masyarakat untuk mengelola lahan dengan metode agroforestri, yakni bercocok tanam tumpangsari hortikultura (sayur dan buah), tanaman pangan, peternakan, dan perikanan; juga industri kecil-menengah untuk olahan pangan, baik untuk konsumsi sendiri maupun dijual sebagai alternatif sumber penghasilan keluarga. Sampai tahun 2018, telah terdapat 527 peserta perempuan dari 51 desa yang telah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Hingga Juni 2019, APP Sinar Mas melalui program DMPA telah menyalurkan dana Rp 45 miliar ke lebih dari 17.000 kepala keluarga di hampir 300 desa yang tersebar di Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau dan Sumatra Selatan.

Di ranah pendidikan, melalui Eka Tjipta Foundation, telah berdiri ratusan Sekolah Eka Tjipta bagi anak-anak karyawan dan masyarakat sekitar perkebunan sawit yang dikelola oleh Sinar Mas. Meski berada di pedalaman, sekolah tersebut telah berstandar nasional.