Sinar Mas dan Eka Tjipta Foundation Renovasi Tiga SMK di Surakarta

Partisipasi industri dalam pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sangat dibutuhkan. Agar tercipta link and match antara SMK dengan dunia industri.

Itu sebabnya, Sinar Mas melalui Eka Tjipta Foundation (ETF) bersama perusahaan lain menggelontorkan dana senilai lebih dari Rp9 miliar untuk melakukan renovasi di tiga SMK di Surakarta, antara lain SMK Negeri 2, SMK Negeri 6, dan SMK Negeri 5. Bukan hanya renovasi fisik, namun juga pengadaan peralatan pendukung pembelajaran, berikut sinkronisasi kurikulum antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri, serta pengembangan kompetensi para guru.

Hasilnya, SMK Negeri 2 kini memiliki kompetensi yang sesuai kebutuhan industri dalam menyelenggarakan pendidikan Rekayasa Perangkat Lunak. Sedangkan SMK Negeri 6 membuka program pendidikan Digital Marketing & Communications. Sementara itu, SMKN 5 saat ini masih dalam tahap renovasi lanjutan.

Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Saat Meninjau Ruang Praktik dan Ruang Teori Siswa

“Industri mesti hadir jika menginginkan pendidikan vokasi semakin terhubung dengan mereka,” ujar Ketua Umum Eka Tjipta Foundation (ETF), Hong Tjhin, saat menghadiri peresmian di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (13/9/2021).

Hong Tjhin menambahkan, kemitraan ini akan membantu ketiga sekolah yang punya sejarah panjang dalam pendidikan vokasi di Surakarta untuk tetap relevan dengan dinamika industri, namun mesti didukung tekad para siswanya.

Ketua Umum Eka Tjipta Foundation (ETF) Hong Tjhin

“ETF berharap agar lulusannya menjadi sosok yang humanis, peka, sekaligus solutif menyikapi dinamika industri dan masyarakat,” pungkasnya.

Acara peresmian turut dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, dan didampingi Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka.

Nadiem sangat mengapresiasi kontribusi yang telah dilakukan Sinar Mas dan Eka Tjipta Foundation dalam pengembangan 1.300 SMK di Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim

“(Kolaborasi) ini membanggakan dalam memajukan konsep SMK, yang benar-benar link and match. Sekolah bertransformasi dengan partisipasi sektor industri secara absolut. Bukan hanya perancangan infrastruktur, tapi juga kurikulum hingga SDM-nya saling berkolaborasi,” kata Nadiem.

Inisiatif ETF dalam pendidikan vokasi adalah upaya menyambut kebijakan pemerintah mereformasi pendidikan. Setahun silam, inisiatif serupa telah dilakukan ETF dengan mendukung SMK 1 Strada di Gunung Sahari, Jakarta dan SMK Kanisius Ungaran di Semarang dengan menyediakan pendidikan Digital Marketing & Communications.

Eka Tjipta Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh keluarga Eka Tjipta Widjaja sebagai wadah pelaksanaaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang berada di bawah naungan Sinar Mas, khususnya guna merespon isu pembangunan sosial kemasyarakatan, dan kelestarian lingkungan hidup.