Matangkan Rencana Pembangunan Ibu Kota Negara Baru, Pemerintah Studi Banding ke BSD City

Pemerintah kian serius dengan rencana pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Tidak sekadar memindahkan ibu kota, tetapi juga ingin membangun sebuah kota baru.

Untuk itu, pemerintah tengah gencar mengunjungi sejumlah kota mandiri untuk mematangkan rencana tersebut.

Jumat (31/12/2021), Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja ke BSD City Tangerang Selatan. Kunjungan ini dalam rangka studi banding pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah mengunjungi BSD City pada Jumat (24/12/2021) lalu.

“Jadi kita ingin membangun sentra inovasi yang berkelanjutan dan menjadi sumber inspirasi dan sekaligus motor kemajuan Indonesia ke depan,” jelas Pratikno dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/1/2022).

Pratikno menambahkan, pemerintah berharap IKN baru akan menjadi sebuah kota masa depan yang bisa menjadi magnet bagi para talenta hebat dan sekaligus menjadi engine, menjadi motor, menjadi katalis kemajuan Indonesia.

Dalam kunjungan ini, kedua menteri didampingi juga oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto Soeherman. Rombongan diterima oleh jajaran Direksi Sinar Mas Land.

Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe menjelaskan, Sinar Mas Land merasa terhormat dapat menerima kunjungan terkait rencana pemerintah dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Semoga pengalaman kami dalam mengembangkan kawasan BSD City dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah untuk mengembangkan Ibu Kota Negara. Sinar Mas Land tidak hanya membangun gedung dan rumah saja, tetapi juga membangun kawasan hunian yang ideal,” jelas dia.

Untuk diketahui, BSD City merupakan proyek Sinar Mas Land yang membangun pusat pertumbuhan baru berskala kota dengan penerapan konsep kawasan dan bangunan hijau serta transformasi menuju smart city.

BSD City memiliki berbagai infrastruktur yang lengkap dengan memadukan solusi atas adanya perubahan iklim melalui pembangunan yang rendah karbon dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengakomodasi kebutuhan para penghuninya di masa sekarang dan mendatang.

Kunjungan kerja tersebut kemudian dilanjutkan dengan meninjau sejumlah proyek di kawasan BSD Green Office Park yaitu Gedung Sinar Mas Land Plaza, Gedung Green Office Park (GOP) 9, Graha Unilever, serta mall without wall The Breeze.