Sinar Mas dan Pengusaha Peduli NKRI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Sinar Mas beserta perusahaan-perusahaan nasional yang tergabung dalam Pengusaha Peduli NKRI berkolaborasi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, bersama Pemerintah Provinsi DKI menyalurkan bantuan berupa 6.000 karung beras dengan berat total 30 ton serta 1.500 dus mie instan bagi korban gempa Cianjur, Jawa Barat pada Rabu (14/12/2022).

Adapun penyaluran telah diserahkan dan akan didistribusikan langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.  Bantuan ini merupakan bagian dari komitmen para pelaku usaha untuk membantu pemerintah dan meringankan masyarakat terdampak bencana. Terlebih, gempa Cianjur ini berdampak signifikan ke aspek kehidupan sosial maupun ekonomi sekitar.

“Kami senang sekali diberikan kesempatan kerja sama untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur. Ini adalah langkah lanjutan yang kami lakukan sebab sebelumnya, kami sudah memberikan bantuan langsung, termasuk lewat layanan kesehatan di lokasi. Harapannya, kami bisa melanjutkan inisiasi ini dalam bentuk rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujar perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Hong Tjhin.

“Hari ini Pengusaha Peduli NKRI, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, dan Pemerintah provinsi DKI memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Cianjur. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. Nanti, BPBD Cianjur akan mengawal penyalurannya ke lokasi,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam sambutannya.

Adapun kolaborasi lintas pihak dalam Pengusaha Peduli NKRI ini bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Ini merupakan upaya lanjutan yang konsisten dilakukan sejak pandemi Covid-19 berlangsung selama dua tahun terakhir ini.

Dalam upaya tersebut, Pengusaha Peduli NKRI telah mengumpullkan donasi lebih dari Rp650 miliar. Jumlah tersebut melampaui target yang dicanangkan, yakni sebesar Rp500 miliar.

Inisiator dan Koordinator Pengusaha Peduli NKRI merupakan eks-Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto, yang kini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Korea.