Sinarmas Sekuritas dan Bursa Efek Indonesia Resmikan Galeri Investasi Edukasi di Bandung

Dalam rangka mendukung literasi keuangan dan edukasi mengenai investasi, Sinarmas Sekuritas bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) menggandeng Universitas Kristen Maranatha meresmikan galeri investasi edukasi di SMA Trinitas Bandung, pada Sabtu (4/2/2023).

Hadirnya galeri investasi edukasi di kalangan Sekolah Menengah Atas ini adalah untuk mengenalkan instrumen investasi saham sejak dini kepada generasi muda Indonesia.

“Keberadaan galeri investasi edukasi ini strategi memberi pemahaman tentang investasi harus dimulai sedini mungkin. Mendidik anak anak tentang literasi keuangan, pentingnya mulai paham produk investasi apa saja, bagaimana resiko instrumen investasi itu juga sehingga ke depan dapat melindungi diri dan keluarga dari penipuan berkedok investasi,” jelas Jeffrey Hendrik, Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia.

Semangat menggencarkan galeri investasi ini merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan bersama untuk dapat memotivasi seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih bersemangat beraktivitas di dunia Pasar Modal.

“Kami mendukung penuh seluruh kegiatan yang mendorong motivasi untuk lebih bersemangat dalam berinvestasi, seperti yang kita lakukan hari ini yaitu memberikan edukasi yang tepat sasaran kepada generasi muda sejak dini,” jelas Suryana, Branch Manager Sinarmas Sekuritas.

Sementara, SMA Trinitas menyambut dengan sangat baik kehadiran galeri investasi edukasi ini. Selain untuk mengenalkan instrumen investasi saham sejak dini, para siswa juga dapat langsung mempraktekkan berinvestasi di galeri tersebut.

“Galeri investasi edukasi ini sebagai wadah belajar berinvestasi yang real di lingkungan sekolah, selama ini kan belajar di luar sendiri, sekarang ada tempat belajar yang resmi,” jelas Suster Susana SDP, Kepala Sekolah SMA Trinitas.

Tidak hanya peresmian galeri investasi, Sinarmas Sekuritas bersama BEI juga menyelenggarakan seminar edukasi investasi di aula sekolah yang dihadiri oleh ratusan siswa.

Seminar yang bertajuk “Bijak dan Tepat Berinvestasi” ini mengenalkan kepada para siswa siswi SMA untuk mulai berinvestasi dengan aman dan nyaman bagi pemula. Para siswa sangat antusias mendengarkan pemaparan dari para ahli di bidangnya.

Peresmian galeri investasi edukasi dan seminar ini dihadiri langsung oleh Tjandra Nyata Kusuma (Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal KR 2 OJK), Jeffrey Hendrik (Direktur Pengembangan BEI), Reza Sadat Shahmeini (Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Barat).

Tentang Galeri Investasi BEI

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia merupakan sarana untuk memperkenalkan Pasar Modal sejak dini kepada dunia akademisi. Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 yang merupakan kerjasama antara BEI, Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas diharapkan tidak hanya memperkenalkan Pasar Modal dari sisi teori saja akan tetapi juga prakteknya.

Kedepannya melalui Galeri Investasi BEI yang menyediakan real time information untuk belajar menganalisa aktivitas perdagangan saham, diharapkan dapat menjadi jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan beserta prakteknya di pasar modal.

Dengan adanya Galeri Investasi Edukasi diharapkan dapat saling memberikan manfaat bagi semua pihak sehingga penyebaran informasi pasar modal tepat sasaran serta dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat umum di daerah dan sekitarnya baik untuk kepentingan sosialisasi dan pendidikan/edukasi pasar modal maupun untuk kepentingan ekonomis atau alternatif investasi.