Sinar Mas Dukung IPB Menjadi Green Campus

Sinar Mas meresmikan Taman Plaza Inovasi IPB pada Rabu (1/2/2023). Pembangunan taman tersebut merupakan dukungan dari salah satu pilar usaha Sinar Mas, yakni PT Berau Coal.

Taman Plaza Inovasi IPB merupakan bentuk dukungan perusahaan dalam menjadikan IPB sebagai kampus yang asri sekaligus ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan semangat Sinar Mas beserta pilar-pilar usahanya dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan.

Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas memberikan kata sambutan

“Kami mengharapkan kehadiran taman ini dapat membantu niatan IPB mewujudkan kampus hijau. Menjadikannya sebuah ekosistem yang menginspirasi sivitas akademika Institut Pertanian Bogor guna memunculkan terobosan baru di ranah sosial, perekonomian, utamanya pangan, pertanian serta kehutanan yang memberdayakan, juga menyejahterakan masyarakat, ramah lingkungan dan berkelanjutan, sekaligus menjaga kearifan lokal,” ucap Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin dalam peresmian Taman Plaza Inovasi IPB Bogor Dramaga yang luasnya tak kurang dari 11 hektar.

Turut hadir dalam peresmian, Rektor IPB, Arif Satria beserta jajaran sivitas akademika lainnya, Kepala Biro pada Biro Umum, Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Samidi, bersama perwakilan manajemen juga komisaris PT Berau Coal dan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas.

Taman ini merupakan bagian dari pengembangan green campus oleh IPB yang telah berlangsung sedari tahun 2015 dengan tujuan mewadahi pembentukan perilaku berwawasan lingkungan dari seluruh sivitas akademika di dalam lingkungan zero waste, zero emission, rich in bio-and cultural-diversity.

“Industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan adalah kepentingan seluruh pihak, termasuk pula kami yang bergerak dalam pengelolaan sumber daya alam. Dukungan pembangunan taman kampus di IPB adalah salah satu bentuknya,” ujar Direktur PT Berau Coal, Sandy Indrawan.

Lewat program tanggung jawab sosial (CSR) ini, Berau Coal mendonasikan dana sebesar Rp4,2 miliar bagi berdirinya Taman Plaza Inovasi IPB.

Konsep dari Taman Plaza Inovasi IPB adalah bentang ekologis dengan tema modern tropis. Taman ini menghadirkan beragam tanaman dan menggunakan material pembangunan yang disesuaikan dengan iklim tropis.

Sebelumnya, dukungan mewujudkan IPB sebagai kampus hijau telah diwujudkan Sinar Mas lewat penyerahan lima unit bis berbahan bakar gas guna memperkuat fasilitas transportasi ramah lingkungan pada tahun 2017 silam. Saat itu, turut diserahkan pula tujuh unit verification gate system, yakni perangkat gerbang otomatis berisikan data kendaraan bermotor seluruh sivitas akademika yang telah terdaftar, untuk membatasi pemakaian kendaraan pribadi di lingkungan Kampus IPB Dramaga.