Dari Sinar Mas Untuk Indonesia Demi Maju Bersama

Sepanjang bulan Juli 2023, Sinar Mas melalui pilar usahanya melakukan beberapa kegiatan sosial yang cukup berdampak. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan sebagai kepedulian Sinar Mas terhadap kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan.

Sebagai langkah konkret dalam menerapkan komitmen berkelanjutan, Sinar Mas terus mendorong kesejahteraan masyarakat, khususnya yang ada di sekitar perusahaan pilarnya, melalui beragam inisiatif sosial. Kepedulian pada pengembangan dan kesejahteraan masyarakat ditunjukkan Sinar Mas melalui berbagai program yang bertujuan untuk memberdayakan komunitas demi mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

Salah satunya yang dilakukan oleh PT Berau Coal dari pilar usaha Sinar Mas Mining. Mereka berkolaborasi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Sinar Mas, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, dan RSUD Abdul Rivai, mengadakan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis untuk masyarakat Berau dan sekitarnya.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal dalam pilar kesehatan. Sekitar 300 pendaftar telah melakukan proses screening dan sebanyak 142 pendaftar dinyatakan lolos untuk menjalani tindakan operasi.

Salah seorang pasien yang telah selesai menjalani operasi katarak yang diadakan oleh PT Berau Coal bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi

Direktur Operasional & HSE PT Berau Coal, Arief Wiedhartono menyampaikan bahwa program ini menjadi wujud kepedulian bersama dalam memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya daerah Berau dan Kalimantan Timur.

“Program ini sebagai bentuk komitmen kami dalam menebar manfaat bagi masyarakat. Perusahaan mendukung program pemerintah untuk membantu mengurangi angka katarak, meringankan beban masyarakat, mendorong percepatan pemulihan kesehatan, dan juga kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Berau, dan umumnya di Indonesia,” kata Arief dalam keterangan tertulis, Senin (31/7/2023).

Tidak mau ketinggalan, Eka Hospital berkolaborasi dengan Kalbe Nutritionals dalam penyelenggaraan serangkaian kegiatan bertema ‘Tumbuh Kembang Optimal, Anak Sehat’ dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional. Seluruh acara diadakan di berbagai cabang Eka Hospital, termasuk di BSD, Cibubur, Bekasi, Pekanbaru, serta RSIA Family Pluit dan Grand Family PIK.

Sinar Mas
Perayaan Hari Anak Nasional 2023 di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru

Kegiatan yang berlangsung mulai dari tanggal 20 hingga 22 Juli ini dimulai dengan webinar, health talk dengan para dokter spesialis anak, serta lomba mewarnai. Health talk webinar menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya dr. Buntat Huang, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Eka Hospital Pekanbaru, berkolaborasi dengan dr. Yoke Kinanthi Putri, MSc, Sp.A, Dokter Spesialis Anak Eka Hospital Bekasi.

Kegiatan ini diakhiri dengan talkshow Instagram Live bersama dr. Ria Puspitasari, Sp.A, CIMI, Dokter Spesialis Anak RSIA Grand Family.

Dari pilar layanan keuangan, Asuransi Sinar Mas menggelar beberapa kegiatan di Sumatera Utara, salah satunya berupa pelatihan sekaligus konser musik yang bertajuk “Music is Funtastic“. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan baru kepada para musisi lokal di Kawasan Danau Toba secara umum dan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kegiatan pelatihan ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para musisi dan berkontribusi dalam pengembangan potensi seni serta musik setempat. Antusiasme terlihat dari 120 peserta yang hadir di Ballroom Junjungan, Coffee Hotel Ayola Dolok Sanggul (CHADS).

Kegiatan Asuransi Sinar Mas berikutnya adalah pelatihan menganyam Baion dan membuat produk jadi berbahan anyaman Baion bagi para artisan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pelatihan menganyam dasar ini diikuti oleh 13 artisan Baion sementara untuk pembuatan produk jadi oleh 10 peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja perempuan yang telah memiliki keterampilan menjahit.

Sinar Mas
Pelatihan Anyaman Dasar Baion di Kabupaten Humbang Hasundutan Asuransi Sinar Mas

Inisiatif ini mendapatkan dukungan dari para perempuan inspiratif yang tergabung dalam Srikandi Bisnis Keuangan Indonesia (SBKI) dan diketuai oleh ekonomi Aviliani, berikut dukungan dari PT Rintis Sejahtera (Jaringan Prima).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menghidupkan kembali kegiatan menganyam atau di sana dikenal sebagai mangaletek ini untuk melestarikan kearifan lokal yang ada di Humbang Hasundutan sekaligus membuka peluang baru bagi masyarakat meraih pendapatan tambahan.

Asuransi Sinar Mas Gelar Pelatihan Menganyam Baion dan Pembuatan Produk Jadi Berbahan Anyaman Baion

“Kami melihat adanya potensi yang bisa dikembangkan dari kerajinan anyaman ini sebagai salah satu sumber pendapatan baru bagi masyarakat setempat. Pada tahun 2020, kami mencari artisan baion yang sebagian besar sudah berusia lanjut untuk kembali menghidupkan kegiatan membaion,” jelas Direktur PT Asuransi Sinar Mas sekaligus Pembina Rumah Kreatif Sinar Mas, Dumasi M. M. Samosir.

Mari selalu mendukung Sinar Mas melalui pilar-pilar usaha untuk saling bersinergi, berkolaborasi, dan bergerak #MajuBersama demi Indonesia.