istock_000020460934small

Smartfren: Telepon Internasional dengan Tarif Lokal

Selain banderol terjangkau, smartphone Andromax B dan L dari Smartfren punya fitur baru yang menarik, yakni Voice Over WiFI atau disingkat VO-WiFi.

Teknologi yang juga dikenal dengan istilah Voice Over Wireless Local Area Network (VO-WLAN) ini tak lain merupakan protokol VoIP (Voice Over Internet Protocol) yang bekerja lewat jaringan WiFi.

VP Brand and Communication Smartfren, Derrick Surya, menuturkan bahwa dengan VO-WiFi, pelanggan Smartfren bisa melakukan panggilan suara meskipun ponsel sedang tidak mendapat sinyal seluler (GSM, 4G LTE).

Panggilan bisa dilakukan ke operator seluler lain maupun telepon fixed line (PSTN), asalkan ponsel Smartfren tersambung ke jaringan WiFi manapun yang menyediakan koneksi ke internet. Tarif yang dikenakan pun merupakan tarif voice call lokal sehingga VO-WiFi diklaim bisa menghemat biaya menelepon saat pengguna berada di luar negeri.

“Ini akan bermanfaat ketika di luar negeri. Matikan saja sinyal (seluler) Smartfren, connect ke WiFi, lalu telepon ke Indonesia. Tarif yang dikenakan adalah tarif voice lokal indonesia, bukan roaming,” kata Derrick saat dijumpai usai acara peluncuran Andromax B dan Andromax L di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Fitur VO-WiFi tidak membutuhkan aplikasi khusus. Pengguna cukup membuka phone dialler biasa dan melakukan panggilan suara. Jaringan WiFi yang digunakan bisa dari mana saja, entah yang terdapat di kafe, atau hotspot di tempat lain.

Mass Product Department Head Smartfren, Hartadi Novianto, menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan kelebihan VO-WiFi dibandingkan teknologi VoIP berbasis aplikasi over the top (OTT), semacam WhatsApp Call atau Skype.

“Kalau via OTT kan hanya bisa menelepon ke sesamanya, hanya ke ponsel yang punya aplikasi OTT itu juga. Ini (VO-WiFi), dipakai menelepon telepon rumah pun bisa,” kata Hartadi sambil menunjukkan toggle untuk mengaktifkan VO-WiFI di notification panel Andromax L.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dukungan teknologi VO-WiFi sebenarnya sudah banyak terdapat di aneka smartphone modern yang beredar di pasaran saat ini. Dia mencontohkan Andromax B dan Andromax L yang mendapat support VO-WiFi dari chip Snapdragon 200 yang tertanam di dalamnya.

“Tapi ada tidaknya VO-WiFi itu tergantung vendor pembuat, dinyalakan atau tidak. Kalau kami, VO-WiFi kami nyalakan untuk Andromax,” kata Hartadi.

Meski sudah ada di Andromax B dan Andromax L yang meluncur minggu ini, teknologi VO-WiFi Smartfren masih berstatus “beta” alias sedang diuji coba dan dikaji ulang sebelum diluncurkan secara resmi.

Selama masa trial ini, pengguna Andromax B dan Andromax L sudah bisa menjajalnya dengan mengaktifkan VO-WiFi terlebih dahulu lewat panel notifikasi di antarmuka sistem operasi.

Derrick mengatakan pihaknya berharap VO-WiFi akan segera siap untuk diluncurkan tahun ini. “Kami sih, inginnya meluncurkan VO-WiFI di semester pertama 2017. Tak menutup juga kemungkinan bisa lebih cepat kalau pengujiannya juga selesai lebih cepat,” pungkasnya.

(Sumber: Kompas.com )