Antisipasi Cuaca Ekstrem, Sinar Mas Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir

Dilansir dari CNBC Indonesia, data BNPB per Selasa, (7/1/2020), jumlah terdampak banjir, banjir bandang, dan longsor di wilayah Jabodetabek dan Lebak mencapai 155.190 kepala keluarga atau 511.471 jiwa.

Adapun korban meninggal dunia akibat bencana tersebut sebanyak 67 jiwa, dan korban hilang 1 orang. Sementara itu, jumlah pengungsi per kemarin, sebanyak 3.865 kepala keluarga atau 13.993 jiwa.

Oleh karena itu, Kementerian Sosial (Kemensos) mendirikan Posko Induk Penanggulangan Bencana sebagai pusat bantuan logistik bagi korban bencana banjir dan tanah longsor Jabodetabek dan sebagian wilayah Jawa Barat selama masa tanggap darurat di kawasan Cawang Kencana, Jakarta Timur. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo agar jajaran Kemensos siap siaga merespon segala kemungkinan-kemungkinan buruk sehingga rakyat terdampak banjir bisa merasakan kehadiran negara di tengah-tengah kesulitan.

Melalui Posko Induk Cawang tersebut, Kementerian Sosial membuka kesempatan bagi masyarakat secara umum yang hendak memberikan bantuan.

“Apabila ada elemen-elemen masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga perusahaan yang ingin menitipkan bantuannya, namun terkendala akses ke lokasi terdampak, maka mereka bisa menitipkan (bantuan) ke posko induk Kemensos di Cawang Kencana”, kata Menteri Sosial, Juliari P. Batubara.

Managing Director Sinar Mas Saleh Husin saat melakukan penyerahan simbolis bantuan pangan kepada Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat di Cawang, Jakarta Timur

Posko Induk Cawang telah menerima bantuan dari Sinar Mas berupa air mineral sebanyak 350 karton atau 8.400 botol dan biskuit untuk korban banjir sebanyak 300 karton atau 1.800 kaleng yang diserahkan langsung dari Managing Director Sinar Mas, Saleh Husein kepada Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat yang mewakili Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, Jumat (10/1/2020).

“Kami lakukan dengan pertimbangan, sebagian warga korban tinggal di wilayah rawan banjir. Padahal, prakiraan dari Pemerintah, cuaca ekstrim serta banjir susulan masih berpotensi kembali datang,” ujar Saleh Husin.

Pada hari yang sama, penyerahan bantuan dilakukan kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang diterima Wakil Ketua Umum-nya, Masdar F. Mas’udi. Turut hadir di Menteng, Jakarta Pusat, Sekretaris Jenderal DMI, Imam Addaruqutni, Bendahara Umum DMI, Machfud Sidik , Dewan Pakar DMI Rudiantara serta Ketua bidang Sosial dan Kemasyarakatan DMI, Andi Mappaganty.

Penyerahan bantuan kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang diterima oleh Dewan Pakar DMI Rudiantara

Sebelumnya, bantuan berbentuk biskuit dan air minum dalam kemasan tersebut juga disalurkan di Cilandak, Jakarta Selatan.

“Jemaah pengajian beraktivitas di masyarakat, sehingga mereka cukup memahami situasi di lokasi. Menggandeng mereka akan membuat penyaluran bantuan semakin tepat sasaran,” tambah Saleh yang juga menjabat selaku Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas.