Tips Menggoreng dan Menjaga Minyak Agar Tetap Dalam Kondisi Baik

Kita semua pasti pernah bingung untuk menentukan suhu api yang tepat saat menggoreng. Atau bahkan pernah menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang. Padahal, ternyata untuk menggoreng dan menggunakan minyak itu ada tips dan triknya lho.

Dilansir MSN, kami merangkum beberapa tips menggoreng yang dapat Anda lakukan di rumah, mulai dari cara menggoreng hingga bagaimana cara menggunakan minyak goreng dengan baik.

1. Perhatikan Suhu

Saat menggoreng, usahakan suhu api untuk stabil di 170-180 derajat Celsius. Sebenarnya ini tergantung pada jenis makanan yang akan digoreng. Tapi untuk standarnya, jangan lebih dari angka tersebut. Hal tersebut berguna untuk menjaga kualitas makanan yang digoreng. Selain bertujuan agar matang secara merata dan tidak gosong, warna makanan tetap terjaga, juga membuat makanan yang digoreng renyahnya bisa bertahan lebih lama.

2. Simpan Dengan Baik

Menggunakan minyak untuk menggoreng tentunya tidak hanya dipakai sekali ya. Ada kalanya Anda pakai untuk menggoreng satu potong ayam saja, lalu sayang jika sisa minyak bekasnya dibuang. Menurut Chef Pramono yang dijumpai di dapur Sinar Mas Agribusiness and Food, ia menyarankan untuk selalu menyaring minyak dan menutupnya dengan rapat setelah digunakan. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar minyak tetap baik sehingga dapat digunakan kembali.

3. Identifikasi

Saat mengetahui tips menjaga minyak supaya dapat digunakan kembali, bukan berarti Anda bisa terus memakainya ya. Minyak goreng juga memiliki batas pemakaian lho.

Salah satu ciri yang dapat diidentifikasi dari minyak yang sudah tidak layak dipakai untuk menggoreng lagi diantaranya berbau gosong dan terjadinya perubahan pada warna.

“Warnanya akan terlihat gelap. Perhatikan juga asap yang muncul dari minyak panas. Kalau terasa perih saat terkena mata, itu sudah tidak bagus,” tambah Chef Pramono.