Dua Heli Super Puma APP Sinar Mas Bantu Padamkan Karhutla di Riau

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di Provinsi Riau belum juga usai. Upaya pemadaman juga terus dilakukan tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan lain-lain.

Dua Helikopter Bom Air Superpuma dan dua alat berat PT Arara Abadi dari Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas ikut membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan tiga kabupaten di Provinsi Riau yakni Siak, Kepulauan Meranti, dan Pelalawan.

Kepala Daerah Operasi Siak Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ihsan Abdillah, Senin mengatakan kebakaran di wilayahnya terjadi di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit. Itu setelah didapatkan informasi dari masyarakat bahwa terjadi kebakaran sejak Sabtu (29/02).

“Karena angin kencang di tepi laut serta sumber air yang susah kemarindilakukan bom air dibantu oleh helikopter Sinarmas. Sampai saat ini tim masih melakukan pemadaman,” katanya.

Dia menyampaikan pemadaman dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Kepolisian Sektor Sungai Apit, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Siak. Kemudian juga Masyarakat Peduli Api Kecamatan Sungai Apit serta tim regu pemadam kebakaran Sinarmas.

Semuanya meluncur ke lokasi namun karena sumber air susah maka dibuat jugalah embung dengan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, dan Pemukiman Kabupaten Siak. Lalu dilakukan penyekatan kebakaran yang mencapai lebih kurang enam hektare.

Humas PT Arara Abadi, Nurul Huda menyampaikan pihaknya menurunkan helikopter dan alat berat sesuai permintaan Satuan Tugas Udara dan Darat Karhutla Provinsi Riau. PT Arara Abadi-APP Sinar Mas diminta membantu padamkan karhutla di luar konsesi perusahaan.

Maka dari itu pihaknya menurunkan Helikopter WB Superpuma PK DAN warna merah untuk memadamkan karhutla di Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Lalu Helikopter WB Superpuma PK DAI warna putih untuk karhutla di luar konsesi di Sei Benual Kabupaten Siak.

“Dua alat berat dan satu grup Pasukan Pemadam Arara Abadi sesuai permintaan pemerintah daerah dan BPBD Pelalawan memadamkan karhutla di Pulau Muda, Kabupaten Pelalawan,” sebutnya.

 

Sumber: Antara