Hal Baik Hari Ini – Edisi 17 – Jumat, 17 Juli 2020

Dikutip dari Worldometer per Jumat (17/7/2020) pukul 11.11 WIB, akumulasi kasus infeksi virus corona hingga kini mencapai 13.949.386 orang, sedangkan pasien yang telah sembuh mencapai 8.278.974. Artinya, persentase pasien yang sembuh setelah terjangkit Covid-19 mencapai 58,6 persen.

Bagi Anda yang beraktivitas di luar rumah, selalu patuhi prokotol kesehatan, yaitu selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak saat berada di tengah keramaian.

Berikut kami sampaikan kabar baik soal kondisi dan penanganan virus corona di Indonesia. Antara lain:

 

1. Lima kandidat vaksin Covid-19 masuk tahap akhir.

Para peneliti di seluruh dunia saat ini tengah berlomba menemukan vaksin Covid-19. Setidaknya ada lebih dari 160 kandidat vaksin yang dikembangkan, 23 diantaranya sedang dalam tahap uji coba pada manusia. Data terbaru menunjukkan, saat ini ada lima kandidat vaksin yang sudah siap masuk ke tahap akhir pengujian kepada manusia. Kandidat vaksin itu adalah ChAdOx1 (AstraZeneca), Wuhan Institute of Biological Products/Sinophram, Moderna, Sinovac, dan CanSino Biological Inc/Beijing Institute of Biotechnology

Baca berita selengkapnya di sini.

 

2. Pemprov DKI Jakarta siapkan layanan bus bagi penumpang KRL.

Mulai Agustus, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bogor akan menyediakan layanan bus reguler berbayar untuk penumpang KRL. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang KRL selama pandemi. Menurut BPTJ, hingga saat ini pihaknya masih mengkaji layanan bus reguler yang tepat. Bentuk layanan bus tersebut akan diberi nama Bus Jabodetabek Residential Connexion (JR Conn).

Baca berita selengkapnya di sini.

 

3. Lebih dari dua setengah miliar terkumpul dari program ETF Peduli Covid-19.

Lebih dari Rp2,5 miliar donasi terkumpul dan sudah lebih dari 8 ribu karyawan Sinar Mas yang terdampak pandemi mendapatkan bantuan dari Program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19. Program ini masih dibuka sampai 31 Juli 2020.

Untuk Anda karyawan Sinar Mas, yuk bantu keluarga kita dan salurkan bantuan Anda ke https://pedulisehat.id/etfpedulicovid19 atau transfer ke Bank Sinarmas, No Rek. 005-306-2881 a/n ETF PEDULI COVID-19.

 

4. LIPI kembangkan alat pendeteksi virus corona.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan alat pendeteksi virus corona, yakni reverse transcription loop-mediated isothermal amplification (RT-LAMP) turbidimetri. Menurut Menristek, Bambang Brodjonegoro, alat ini memiliki kemampuan deteksi corona setara dengan PCR atau Swab Test, dengan harga yang relatif murah. RT-LAMP diharapkan selesai pengujian dalam waktu dekat, dan dapat segera digunakan oleh masyarakat.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

5. Smartfren akan gelar konser virtual tiga negara.

Smartfren akan menggelar konser virtual Smartfren Wow bertema “Indonesia Gue Keren” pada 8 Agustus mendatang. “Indonesia Gue Keren”adalah konser virtual pertama yang digelar dari tiga negara berbeda yakni Inggris, Korea Selatan, dan Indonesiamenggunakan teknologi extended reality (XR). Smartfren Wow diharapkan menjadi penawar rindu bagi masyarakat yang ingin menonton konser artis mancanegara.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

Cek risiko terkena virus corona secara mandiri di rumah yuk! Kunjungi www.sehatq.com untuk info lebih lanjut.

 

 

Baca juga “Hal Baik Hari Ini” tiga edisi sebelumnya:

Edisi 14 – Jumat, 26 Juni 2020

Edisi 15 – Jumat, 3 Juli 2020

Edisi 16 – Jumat, 10 Juli 2020