Hal Baik Hari Ini – Edisi 16 – Jumat, 10 Juli 2020

Pandemi virus corona di Indonesia telah berlangsung selama lebih dari empat bulan. Berbagai upaya untuk mencegah penyebaran lebih luas maupun pengobatan pasien yang positif terinfeksi juga terus dilakukan.

Terlepas dari penambahan kasus yang masih terus dikonfirmasi setiap harinya, selalu ada kabar baik soal kondisi dan penanganan virus corona di Indonesia. Antara lain:

 

1. Uji coba vaksin Covid-19 mulai masuk tahap akhir.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat ada 19 kandidat vaksin virus corona yang sedang dievaluasi secara klinis. Saat ini ada dua kandidat vaksin yang sudah berada di tahap akhir uji klinis yaitu AZD1222 yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan satu lainnya dikembangkan oleh Sinovac. Menurut WHO, 130 kandidat vaksin virus corona lainnya, masih berada di tahap preklinis.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

2. Eka Hospital turunkan tarif rapid test.

Eka Hospital mendukung himbauan Kementerian Kesehatan untuk menurunkan tarif rapid test. Terhitung mulai Rabu, 8 Juli 2020, tarif rapid test di seluruh jaringan rumah sakit Eka Hospital adalah sebesar Rp150.000. Rapid test menggunakan teknologi terbaru dari Roche Elecys, yang sangat spesifik dan sensitif (mencegah negatif palsu), dan juga telah tersertifikasi oleh lembaga internasional.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

3. Jumlah kesembuhan pasien Covid-19 di Jawa Timur meningkat.

Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur mencatat angka kesembuhan pasien di wilayah setempat selama dua pekan cenderung membaik, yakni mencapai 37,34 persen dari keseluruhan pasien yang positif. Angka kesembuhan ini juga merupakan yang tertinggi selama dua bulan terakhir secara persentase.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

4. Lebih dari dua setengah miliar terkumpul dari program ETF Peduli Covid-19.

Hingga saat ini, sudah lebih dari Rp2,5 miliar donasi terkumpul dari program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19. Program ini diperpanjang agar semakin banyak keluarga besar Sinar Mas terdampak pandemi yang bisa dibantu.

Untuk Anda karyawan Sinar Mas, yuk bantu keluarga kita dan salurkan bantuan Anda ke https://pedulisehat.id/etfpedulicovid19 atau transfer ke Bank Sinarmas, No Rek. 005-306-2881 a/n ETF PEDULI COVID-19.

 

5. Pemerintah Indonesia kembangkan vaksin Covid-19

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan saat ini pemerintah tengah mengembangkan vaksin Covid-19. Calon vaksin tersebut telah melewati 8 tahapan dari 15 tahapan yang harus dipenuhi. Selain vaksin ini, Reisa mengatakan ada beberapa jenis calon vaksin lain yang mulai diuji coba kepada manusia.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

Cek risiko terkena virus corona secara mandiri di rumah yuk! Kunjungi www.sehatq.com untuk info lebih lanjut.

Bagi Anda yang bepergian ke luar rumah, selalu patuhi prokotol kesehatan, yaitu selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak saat berada di tengah keramaian.

 

Baca juga “Hal Baik Hari Ini” tiga edisi sebelumnya:

Edisi 13 – Jumat, 19 Juni 2020

Edisi 14 – Jumat, 26 Juni 2020

Edisi 15 – Jumat, 3 Juli 2020