Hal Baik Hari Ini – Edisi 4 – Jumat, 17 April 2020

Wabah virus corona (COVID-19) telah memasuki bulan keempat. Hampir dua juta masyarakat di dunia terserang virus tersebut. Sebagian sembuh dan jumlah kematian juga cukup tinggi.

Seperti tiga edisi sebelumnya, pekan ini kami berhasil menghimpun beberapa kabar baik terkait dengan kondisi penanganan virus corona di Indonesia. Kami berharap Anda selalu sehat, sebisa mungkin tetap bertahan di rumah, rajin mencuci tangan, bekerja dan beribadah dari rumah, mengenakan masker dan menerapkan physical distancing jika terpaksa harus bepergian ke luar rumah, serta tetap menjaga kebugaran tubuh.

 

1. 70 vaksin virus corona sedang dalam pengembangan dan uji coba.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan saat ini sudah ada 70 vaksin virus corona yang sedang dalam pengembangan. Tiga di antaranya bahkan telah diuji coba ke manusia. Vaksin tersebut dikembangkan dengan kecepatan luar biasa di mana saat ini dunia tengah berpacu dengan waktu untuk menaklukan virus corona.

Seperti dikutip dari South China Morning Post, satu vaksin diuji klinis oleh perusahaan CanSino Biologics Inc dan Beijing Institute of Biotechnology. Berdasarkan dokumen WHO, dua vaksin lainnya diujikan pada manusia oleh produsen obat Amerika Serikat Moderna Inc dan Inovio Pharmaceuticals Inc.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

2. Sinar Mas Mining dan Kaesang Pangarep kolaborasi bagi-bagi makanan.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 15.080 makanan dan minuman dari produk HEBAT (Harapan Bangsa Kita) kepada tenaga medis, ojek online, dan masyarakat lainnya. Program yang bekerja sama dengan Sinar Mas Mining ini berlangsung sampai akhir April 2020.

 

3. Pemerintah akan memproduksi massal APD berstandar WHO.

Pemerintah telah berencana untuk memproduksi massal APD yang memiliki kualitas standar WHO. Saat ini pemerintah telah melakukan kerja sama bersama Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) untuk memproduksi 16 ribu APD per hari.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

4. Anak usaha APP Sinar Mas salurkan Hypo Disinfektan

PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry (PT. LPPPI) menyalurkan 11.000 liter Hypo Disinfektan untuk masyarakat Desa Teluk Pengkah, Kec. Tebing Tinggi, Jambi. Hypo 0.5% yang dibagikan ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pembersihan di areal tempat tinggal mereka.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

5. Paguyuban Sinar Mas Jawa Barat lakukan bakti sosial

Bencana banjir terjadi Kabupaten Bandung di tengah pandemi COVID-19. Karena itu, Paguyuban Sinar Mas Jawa Barat melakukan bakti sosial bertajuk “Jangan Lelah untuk Berbagi”. Mereka menyerahkan bantuan kepada 1.632 KK di lokasi terdampak yakni di Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung, mulai dari makanan hingga antiseptik.

 

6. Eka Tjipta Foundation bersama Peduli Sehat mengajak karyawan dari seluruh Kelompok Usaha Sinar Mas untuk menggalang dana bagi Keluarga Besar Sinar Mas yang terdampak COVID-19.

Saat ini, Sinar Mas mengimbau kepada karyawan level staff ke atas (white collar) untuk menyisihkan gaji dan THR guna membantu karyawan level rendah (blue collar) yang mencapai 400.000 orang melalui Eka Tjipta Foundation.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

Cek risiko COVID-19 secara mandiri yuk! Kunjungi www.sehatq.com untuk info selengkapnya.

 

 

Baca Juga:

Hal Baik Hari Ini – Edisi 1 – Jumat, 27 Maret 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 2 – Jumat, 3 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 3 – Jumat, 10 April 2020