Hal Baik Hari Ini – Edisi 13 – Jumat, 19 Juni 2020

Setelah lebih dari tiga bulan sejak kasus pertama ditemukan di Indonesia, perkembangan kasus Covid-19 sudah mulai menunjukkan kemajuan yang signifikan. Rasio kesembuhan sudah semakin besar, jika dibandingkan jumlah pasien yang meninggal.

Karena itu, selain DKI Jakarta, beberapa wilayah juga akan melakukan pelonggaran PSBB, khususnya di zona-zona biru. Kebijakan ini diambil demi menyelamatkan sektor ekonomi yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Pekan ini, mal atau pusat perbelanjaan dan pasar nonpangan sudah kembali dibuka. Mulai 20 Juni besok, taman rekreasi indoor dan outdoor, serta kebun binatang juga akan kembali dibuka.

Bagi Anda yang bepergian ke luar rumah, selalu patuhi prokotol kesehatan yang telah diimbau oleh pemerintah, mulai dari selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak saat berada di tengah keramaian.

Berikut enam berita baik terkait penanganan Covid-19 dalam sepekan terakhir, antara lain:

 

1. Dexamethasone diklaim mampu selamatkan pasien corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyambut baik terobosan ilmiah peneliti Inggris atas penggunaan dexamethasone untuk menyelamatkan pasien corona. WHO menyebut obat ini dapat mengobati pasien yang sakit parah dan menyelamatkan sekitar sepertiga dari mereka. Dexamethasone selama ini digunakan untuk mengatasi peradangan, reaksi alergi, dan penyakit autoimun.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

2. SehatQ berkolaborasi dengan ITC Group

Startup healthtech, SehatQ, menjalankan beberapa program untuk mendukung berputarnya kembali roda bisnis UMKM. Salah satunya adalah bekerja sama dengan ITC Group memberikan layanan kesehatan kepada para tenant, karyawan, dan tenaga frontliner. Layanan ini terdiri dari rapid test di beberapa lokasi ITC, layanan konsultasi dokter online gratis, serta diskon khusus untuk pembelian vitamin di toko online SehatQ.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

3. Tiga kandidat vaksin Covid-19 masuk tahap akhir uji klinis 

Tiongkok kini menjadi negara terdepan dalam pengembangan vaksin corona. Tiga dari lima vaksin dilaporkan berhasil menghasilkan antibodi Covid-19. Ketiga kandidat vaksin ini sedang memasuki tahap akhir uji klinis fase ketiga di mana vaksin akan diujicobakan kepada sukarelawan dengan jumlah yang banyak, dari rentang usia anak kecil hingga orang tua.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

4. SWA ajak masyarakat melukis sekaligus beramal

Sinarmas World Academy (SWA) kembali mengadakan acara charity yang dikemas dalam bentuk workshop melukis. Dengan mengambil tema “The Art of Giving”, SWA mengajak anak untuk berkontribusi membantu melawan Covid-19, karena seluruh keuntungan dari kegiatan ini akan disumbangkan untuk pengadaan face shield bagi tenaga medis di Indonesia.

Kegiatan charity ini dibuka untuk umum. Info lebih lengkap dapat mengunjungi: https://bit.ly/SWACharity2020

 

5. Orami distribusikan paket kebutuhan bayi

Platform parenting Orami mendistribusikan paket sembako serta kebutuhan bayi dan anak kepada para Ibu yang terdampak Covid-19. Paket sembako ini merupakan hasil dari program penggalangan dana “Orami Peduli: 1000 Bantuan Sembako & Keperluan Bayi”. Bantuan disalurkan kepada para Ibu yang berada di Jabodetabek dan wilayah lain di Pulau Jawa.

 

6. Lebih dari tujuh ribu karyawan Sinar Mas terbantu oleh program ETF Peduli Covid-19.

Program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19 telah membantu ribuan karyawan Sinar Mas yang terdampak pandemi Covid-19. Program ini diperpanjang sampai dengan akhir Juli 2020 agar dapat menjangkau semakin banyak karyawan Sinar Mas.

Untuk Anda yang belum, atau ingin berdonasi kembali, salurkan bantuan Anda melalui link berikut: https://pedulisehat.id/etfpedulicovid19 atau transfer ke: Bank Sinarmas, No Rek. 005-306-2881 a/n ETF PEDULI COVID-19.

 

Kini Anda bisa melakukan pengecekan risiko Covid-19 secara mandiri di rumah. Kunjungi www.sehatq.com untuk info lebih lanjut.

 

 

Edisi “Hal Baik Hari Ini” Sebelumnya:

Edisi 1 – Jumat, 27 Maret 2020

Edisi 2 – Jumat, 3 April 2020

Edisi 3 – Jumat, 10 April 2020

Edisi 4 – Jumat, 17 April 2020

Edisi 5 – Jumat, 24 April 2020

Edisi 6 – Jumat, 1 Mei 2020

Edisi 7 – Jumat, 8 Mei 2020

Edisi 8 – Jumat, 15 Mei 2020

Edisi 9 – Jumat, 22 Mei 2020

Edisi 10 – Jumat, 29 Mei 2020

Edisi 11 – Jumat, 5 Juni 2020

Edisi 12 – Jumat, 12 Juni 2020