Hal Baik Hari Ini – Edisi 6 – Jumat, 1 Mei 2020

Hingga Minggu (26/4/2020), hampir 3 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus corona. Di Indonesia, ada sejumlah langkah terobosan untuk mencegah penyebaran virus corona, salah satunya adalah dengan mengeluarkan larangan mudik.

Di tengah banyaknya kabar terkait wabah Covid-19, berita-berita baik terselip di antaranya. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sangat mengapresiasi masyarakat yang membagikan berita positif terkait dengan virus corona. Sebab banyak warga membutuhkan dukungan untuk dapat melewati masa krisis ini dengan baik.

Pekan ini, ada enam kabar baik yang kami himpun, sebagian besar adalah beragam upaya dari berbagai pihak, mulai dari pihak swasta, ilmuwan, dan instansi pendidikan.

 

1. Vaksin corona siap diproduksi secara massal.

Sekelompok peneliti dari Universitas Oxford akan segera memproduksi vaksin corona secara massal pada September 2020. Vaksin ini diklaim telah menunjukkan efek positif sehingga teruji secara klinis dan tidak berbahaya bagi manusia.

Pencapaian ini membuat mereka selangkah di depan dibandingkan ilmuwan dari seluruh dunia lainnya yang juga sedang mengembangkan vaksin untuk virus corona.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

2. Orami donasikan kebutuhan ibu dan bayi.

Sebagai wujud kepedulian terhadap ibu yang terdampak pandemi, Orami menggalang dana dalam “Orami Peduli”. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan dalam bentuk sembako dan kebutuhan bayi. Kunjungi laman berikut untuk berdonasi: https://bit.ly/oramixbenihbaik.

 

3. Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka kembali.

Kabar baik bagi umat muslim seluruh dunia! Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dalam waktu dekat akan segera dibuka kembali. Kedua masjid tersebut akan dibuka untuk ibadah salat wajib, tawaf, dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

4. Siswa SWA membuat ratusan faceshield.

Siswa Sinarmas World Academy (SWA), Vijjasena Sugiono (Sena) mengajak anak muda bergabung dalam gerakan TEENCOV 19 untuk melawan pandemi dengan membuat face shield di rumah. Sena, pencetus TEENCOV 19 beserta 15 murid lainnya, dalam seminggu berhasil membuat 600 face shield dan membagikannya ke sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

5. Eka Hospital kembangkan Artificial Intelligence (AI).

Eka Hospital bekerja sama dengan Alibaba Cloud kembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam membantu dokter spesialis radiologi untuk diagnosa hasil pemeriksaan CT scan thorax pasien suspect Covid-19.

Teknologi ini diuji menggunakan 5.000 model CT scan, dan memiliki tingkat akurasi hingga 96% dalam mendiagnosis pasien yang terjangkit Covid-19.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

6. Program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19 jaring ribuan karyawan Sinar Mas.

Ribuan karyawan Sinar Mas telah berdonasi dalam program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19.

Donasi tahap pertama akan segera didistribusikan kepada Keluarga Besar Sinar Mas yang terdampak pandemi, Senin 4 Mei 2020.

Cara berdonasi di program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19 bisa dibaca di tautan ini.

 

Cek risiko COVID-19 secara mandiri yuk! Kunjungi www.sehatq.com untuk info selengkapnya.

 

 

Baca Juga:

Hal Baik Hari Ini – Edisi 1 – Jumat, 27 Maret 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 2 – Jumat, 3 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 3 – Jumat, 10 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 4 – Jumat, 17 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 5 – Jumat, 24 April 2020