Breaking

Tiga Kali Sehari

Breaking News / Cover Story / Slider / Top News / December 13, 2019

Bergegas masuk kabin lift memang dapat menghindari keterlambatan, tapi tidak mungkin menghindari pemutaran himne di dalamnya.

Beraktivitas di fasilitas produksi maupun perkantoran di bawah naungan Sinar Mas, artinya akan merasakan sentuhan dengan Himne Sinar Mas. Semua yang memasuki Sinar Mas Land Plaza Jakarta merasakan buaiannya, apalagi yang sepanjang hari berada di sana.

Dalam lobby utama, himne mengudara hingga tiga kali sepanjang hari, persisnya di pagi hari, ketika sebagian besar warganya berebutan memasuki lift menuju kantor masing-masing, siang kala berebutan untuk turun dan keluar beristirahat, kemudian jelang sore, lagi-lagi saat mereka kembali berebutan, ingin pulang tepat waktu.

 

“… kalau perlu, karyawan mengigau pun menyanyikan himne tersebut, akan tetapi,  kalau bisa, diselingi, jangan hanya lagu itu aja.”

 

Dalam kabin lift malah himne dapat didengar sepanjang waktu, sejak pagi hingga sore hari. Jikalau menelepon nomor gedung, himne turut terngiang sebagai nada tunggu. Hal serupa terjadi di Sinar Mas MSIG Tower, dan Green Office Park BSD City demikian pula.

Ketua Program Studi Diploma Seni Musik Institut Kesenian Jakarta, Pri Ario Damar berkata, “Sah-sah aja, kalau di fasilitas milik sendiri, gedung sendiri. Meski tujuannya untuk memasukkan nilai-nilai korporasi ke alam bawah sadar karyawan mulai dari top management hingga yang paling bawah, sampai kalau perlu, karyawan mengigau pun menyanyikan himne tersebut, akan tetapi, kalau bisa, diselingi, jangan hanya lagu itu aja.”

 

 

Karena kebosanan nyata adanya. Seperti dikisahkan Pahlevi Santoso, aranjer sekaligus pemain bas band The Fly yang pernah menghentikan langganan sebuah televisi kabel, “Gara-gara mars-nya diputar berulang-ulang. Saat ditanya kenapa berhenti, gue bilang karena gak tahan mendengar mars yang lo ulang-ulang.” Siasat lain, agar makna dalam himne tak sampai memudar, terdengar hambar, atau terlupakan, seperti yang manajemen Sinar Mas coba melakukannya adalah menghadirkan lirik yang sama dengan kemasan yang anyar.

 

SMILE Magazine edisi ke-20, Desember 2019. Bagian kedua dari enam artikel

 

Penulis: Jaka Anindita

Kontributor: Caecario Vito, Yulrando Dave

Foto: Noveradika

Editor naskah: Sidhi Pintaka

Desain: Dede Ilham Fitriana






Jaka Anindita
Pemimpin Redaksi




Previous Post

Himne dalam Lift

Next Post

Membedakan Himne, Mars atau Jingle





You might also like


More Story

Himne dalam Lift

Mengawali hari di Sinar Mas Land Plaza Jakarta adalah keragaman yang selalu serupa. Sosok dengan paras cerah siap bekerja,...

December 2, 2019