Hal Baik Hari Ini – Edisi 12 – Jumat, 12 Juni 2020

Sejak 5 Juni lalu, DKI Jakarta menjadi kota pertama di Indonesia yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Aktivitas di sejumlah sektor dibuka kembali secara bertahap meski ada pembatasan.

Dengan diterapkannya PSBB transisi, tempat ibadah, tempat kerja dan tempat usaha, meliputi perkantoran, rumah makan, perindustrian, pergudangan, pertokoan, retail, show room (mandiri), serta layanan pendukung, seperti fotokopi hingga bengkel sudah dibuka kembali.

Sementara itu, mal atau pusat perbelanjaan dan pasar nonpangan kembali dibuka mulai 15 Juni. Sedangkan, taman rekreasi indoor dan outdoor, serta kebun binatang dibuka mulai 20 Juni.

Meskipun demikian, karena tempat-tempat tersebut merupakan titik keramaian masyarakat, maka sebaiknya patuhilah prokotol kesehatan, seperti selalu mengenakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun atau membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak saat berada di tengah keramaian.

Berikut ini lima berita baik terkait penanganan Covid-19 dalam sepekan terakhir, antara lain:

 

1. Vaksin Covid-19 menunjukkan hasil!

Kabar baik! Vaksin virus corona yang dikembangkan para peneliti di Tiongkok menunjukkan hasil menggembirakan. Vaksin yang diberi nama BBIBP-CorV ini mampu membentuk antibodi yang bisa memblokir virus corona ketika diujicobakan kepada sejumlah hewan. Vaksin ini juga diklaim aman dan menghasilkan respon kekebalan terhadap virus corona.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

2. Sinar Mas Land bantu mahasiswa dari kawasan tertinggal.

Sinar Mas Land menyalurkan 500 paket bantuan bahan pangan kepada warga yang terdampak pandemi pada hari Senin (8/6) di Gedung Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta. Bantuan diberikan secara khusus kepada mahasiswa unggulan dari kawasan 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal) yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Jakarta.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

3. Lebih dari tujuh ribu karyawan Sinar Mas terbantu oleh program ETF Peduli Covid-19.

Lebih dari tujuh ribu karyawan Sinar Mas terdampak pandemi telah terbantu oleh program Eka Tjipta Foundation (ETF) Peduli Covid-19. Program penggalangan donasi ini akan terus dibuka sampai dengan 30 Juli 2020

Untuk Anda yang belum, atau ingin berdonasi kembali, salurkan bantuan Anda melalui link berikut: https://pedulisehat.id/etfpedulicovid19 atau transfer ke: Bank Sinarmas, No Rek. 005-306-2881 a/n ETF PEDULI COVID-19.

 

4. Tanaman herbal diuji untuk penanganan Covid-19.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),Senin (8/6) melakukan uji klinis kandidat immunomodulator dari tanaman herbal untuk pasien yang terinfeksi virus corona, seperti rimpang jahe merah, meniran, sambiloto, dan daun sembung. Jika uji klinis ini berhasil dan membuktikan bahwa suplemen tersebut bisa diklaim untuk penanganan Covid-19, maka produksi akan dilanjutkan.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

5. Mal di DKI Jakarta akan segera dibuka kembali.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta akan mulai kembali dibuka hari Senin (15/6). Meski demikian, prinsip dasar masa transisi tetap diterapkan, yakni menggunakan masker, jaga jarak, dan setiap ruangan hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas.

Baca berita selengkapnya di sini.

 

Kini Anda bisa melakukan pengecekan risiko Covid-19 secara mandiri di rumah. Kunjungi www.sehatq.com untuk info lebih lanjut.

 

 

Baca Kembali:

Hal Baik Hari Ini – Edisi 1 – Jumat, 27 Maret 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 2 – Jumat, 3 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 3 – Jumat, 10 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 4 – Jumat, 17 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 5 – Jumat, 24 April 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 6 – Jumat, 1 Mei 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 7 – Jumat, 8 Mei 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 8 – Jumat, 15 Mei 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 9 – Jumat, 22 Mei 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 10 – Jumat, 29 Mei 2020

Hal Baik Hari Ini – Edisi 11 – Jumat, 5 Juni 2020